TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara IKN Belum Bisa Dipakai, ke Lokasi HUT RI Lewat Tol 150 Menit

Bandara IKN belum selesai dibangun

Konferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jakarta, IDN Times - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, memastikan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) belum bisa digunakan pada perayaan HUT ke-79 RI. Menurutnya, run way di Bandara IKN masih kurang 300 meter.

"Untuk akses menuju ke IKN, karena tamu-tamu dari Jakarta, mohon maaf karena bandara kita di IKN masih kurang 300 meter lagi, untuk 2.200," ujar Basuki di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

"Target kami waktu itu 2.200 meter sampai dengan 17 Agustus, tapi karena kondisi hujan, waktu yang lalu sekarang ini 24 jam kami kawal dengan TMC. Sehingga alhamdulillah kami 2 minggu di sana gak hujan," sambungnya.

1. Basuki beberkan akses ke lokasi perayaan HUT ke-79 RI

Konferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Basuki kemudian menjelaskan skema akses ke lokasi Istana Negara yang menjadi tempat upacara HUT ke-79 RI. Basuki mengatakan, apabila menggunakan pesawat, undangan bisa turun di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan.

"Dari (Bandara) Sams Sepinggan, pertama melalui jalan tol yang insyaAllah sudah siap, kemarin juga sudah ditinjau oleh Bapak Presiden dan kita semua naik motor di sana, itu sampai dengan jembatan Pulau Balang kemudian menuju ke IKN melalui jalan nasional, panjangnya kalau melalui jalan tolnya 88 km, dapat ditempuh sekitar 90 menit," kata dia.

Baca Juga: Seribu Undangan Disiapkan untuk Upacara HUT RI ke-79 di IKN

2. Bisa lewat Tol Balsam

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kedua, kata Basuki, bisa melalui Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), keluar di Km 38 kemudian menuju jalan nasional samboja.

"Dengan waktu tempuh sekitar 150 menit, hampir dua jam," beber dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya