TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada Perbedaan Waktu Idul Adha 1444 H, Wamenag Ingatkan Toleransi

terdapat perbedaan antara pemerintah dan Muhammadiyah

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi (dok. Kemenag)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) telah menyampaikan peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Terdapat perbedaan perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H antara pemerintah dan Muhammadiyah.

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau masyarakat menjunjung tinggi toleransi menanggapi perbedaan tersebut.

"Jika pada hari ini ke depannya ada perbedaan dalam pelaksanaan ibadah berkaitan dengan Idul Adha, kami berharap tidak ada yang menonjolkan perbedaan, akan tetapi harus mencari titik temu dari persamaan yang dimiliki, kita harus memiliki toleransi, bukan saling mencaci dan tidak melakukan hal yang tidak disukai," ujar Zainut di kantor Kemenag, Jakarta, Minggu (18/6/2023).

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi mengingatkan masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan narasi perbedaan Hari Raya Idul Adha 1444 H.

"Jika ada hal yang ingin diketahui secara akurat, silakan ditanyakan langsung ke sumber utamanya, bisa ke Kemenag, MUI, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persis dan lainnya," kata Ashabul Kahfi.

Kahfi kemudian mengingatkan ASN untuk tidak ikut menonjolkan perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha 1444 H.

"Untuk ASN, mohon maaf diminta bekerja profesional, tidak perlu mengeluarkan pendapat yang menimbulkan perbedaan, cukup sidang isbat menjadi rujukan kita semua," kata dia.

Diketahui, PP Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 H pada Rabu, 28 Juni 2023.

Baca Juga: Sama dengan Pemerintah, PBNU Tetapkan Idul Adha 1444 H pada 29 Juni

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1444 H Jatuh pada 29 Juni 2023

Baca Juga: Sidang Isbat Penentuan Idul Adha 2023, Kemenag Paparkan Posisi Hilal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya