TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada Pameran Kaligrafi Dunia dari 36 Negara di MTQ Nasional 2024

Pameran digelar di Kaltim dari 8-15 September 2024

Ada Pameran Kaligrafi Dunia dari 36 Negara di MTQ Nasional 2024 (IDN Times/Istimewa)

Intinya Sih...

  • Pameran kaligrafi internasional di Kaltim, 8-15 September 2024.
  • 36 negara ikut serta dengan karya seni kaligrafi Al-Qur'an dan ornamen budaya negara asal mereka.
  • Bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang seni kaligrafi Islam dan mempererat ukhuwah Islamiah.

Jakarta, IDN Times - Ada sejumlah rangkaian acara pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-30 tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur. Salah satunya pameran kaligrafi internasional.

Pameran tersebut diikuti oleh 36 negara dan berlangsung dari 8 hingga 15 September 2024 dan dipusatkan di Convention Hall. Masing-masing seniman menampilkan karya seni kaligrafi Al-Qur'an dengan ornamen khas budaya negara asal mereka, menjadikan pameran ini sebagai ajang seni kaligrafi kelas dunia.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, menyampaikan pameran ini tidak hanya mempererat ukhuwah islamiah, tetapi juga bertepatan dengan bulan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Setiap negara memiliki seni dan gaya penulisan huruf Muhammad yang berbeda-beda, itulah keindahan seni kaligrafi dunia," ujar Sri Wahyuni dalam keterangannya, dikutip Selasa (10/9/2024).

1. Tujuan pameran kaligrafi

ilustrasi kaligrafi (unsplash.com/saqib ghouri)

Pameran kaligrafi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang seni kaligrafi Islam. Selain itu, pameran ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk mengenal lebih dalam berbagai teknik kaligrafi yang berkembang di berbagai negara.

"Ini luar biasa, selain menambah wawasan tentang kaligrafi, juga memperkuat ukhuwah Islamiah melalui jaringan, edukasi, dan silaturahmi antarbangsa," ucap dia.

Baca Juga: Meriah, Jokowi Kagum MTQ Nasional 2024 Gunakan Teknologi Digital

2. Malaysia juga ikut dalam pameran kaligrafi

Ada Pameran Kaligrafi Dunia dari 36 Negara di MTQ Nasional 2024 (IDN Times/Istimewa)

Sri Wahyuni menambahkan, Malaysia juga berpartisipasi dalam acara ini, menandakan tingginya kualitas dan pengakuan internasional terhadap acara ini.

"Standar acara ini sudah diakui internasional, Malaysia pun turut berpartisipasi. Semua persiapan telah selesai, dan cuaca juga mendukung," kata dia.

Baca Juga: Buka MTQ 2024, Jokowi: Masyarakat Sekarang Butuh Pegangan Moral

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya