TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sivitas Akademika UI: Kegentingan Saat Ini Bisa Hancurkan Bangsa

Sivitas Akademika UI geram atas sikap elite politik

Sivitas akademika UI aksi di Kampus depok UI. (IDN Times/Maulana Ridhwan Riziq)

Depok, IDN Times - Sivitas akademika Universitas Indonesia (UI) menggelar aksi di Rotunda (bundaran) depan Rektorat Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat, untuk menyampaikan keprihatinan atas situasi politik dan hukum yang terjadi jelang Pemilu 2024.

Aksi ini diikuti sejumah guru besar UI, di antaranya Ketua Dewan Guru Besar UI Harkristuti Harkrisnowo dan Rektor UI periode 2013-2014 Muhammad Anis.

Dalam pernyataannya, Harkristuti mengatakan, sivitas akademika UI terpanggil untuk menabuh genderang, membangkitkan asa dan memulihkan demokrasi negeri yang terkoyak, khususnya jelang Pemilu 2024.

"Negeri kami tampak kehilangan kemudi akibat kecurangan dalam perebutan kuasa, nihil etika, menggerus keluhuran budaya serta kesejatian bangsa," ujar Harkristuti yang didampingi sejumlah guru besar UI, Jumat (2/2/2024).

Dalam kesempatan ini, Harkristuti juga menegaskan bahwa warga dan alumni UI prihatin atas hancurnya tatanan hukum dan demokrasi. Juga hilangnya etika bernegara dan bermayarakat, terutama korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) telah mengahancurkan kemanusiaan, serta merampas keadilan kelompok miskin terhadap hak pendidikan, kesehatan, layanan publik, dan berbagai kelayakan hidup.

"Kami resah dan geram atas sikap dan tindak laku para pejabat, elite politik dan hukum yang mengingkari sumpah jabatan mereka untuk menumpuk harta pribadi dan membiarkan negara tanpa tata kelola dan digerus korupsi, yang memuncak jelang pemilu. kami cemas kegentingan saat ini akan bisa menghancurkan masa depan bangsa dan ke-Indonesia," ujarnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Prihatin Kondisi Politik, Sivitas Akademika UI Gelar Aksi Hari Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya