TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PNM dan ANTAM Tingkatkan Kualitas-Suplai Produksi Susu Dalam Negeri

Dorong peternak sapi lokal meningkatkan produktivitas

PNM dan ANTAM melakukan sinergi program dalam meningkatkan produktivitas dan populasi sapi perah di Bandung Barat. (dok. PNM)

Jakarta, IDN Times – Kebutuhan susu dalam negeri diproyeksikan meningkat selaras dengan pertambahan penduduk dan tingkat kesadaran gizi masyarakat. Adapun persentase suplai produksi susu lokal untuk konsumsi susu nasional hanya sekitar 30 persen.

Potensi ini mendorong PNM dan ANTAM melakukan sinergi program dalam meningkatkan produktivitas dan populasi sapi perah di Bandung Barat.

1. Sukseskan peningkatan kualitas mitra binaan

Peternakan sapi perah. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Salah satu bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkung (TJSL) yang dilakukan oleh ANTAM salah satunya melalui Program Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dengan memberikan capacity building.

Program ini dikemas dengan pelatihan yang dapat meningkatkan kualitas pelaku usaha dan mempertahankan kualitas produksi susunya dan tentang pengolahan produk olahannya. ANTAM menggandeng PNM untuk menyukseskan peningkatan kualitas mitra binaannya tersebut.

Baca Juga: Dorong Kemajuan Difabel, PNM Hadirkan Madani Vokasi Academy

2. Kesiapan PNM memberikan pelatihan kepada pelaku usaha

PNM dan ANTAM melakukan sinergi program dalam meningkatkan produktivitas dan populasi sapi perah di Bandung Barat. (dok. PNM)

Melalui cabang Cimahi, PNM menjadi pihak yang memberikan pelatihan capacity building kepada klaster usaha ternak sapi perah Cipeusing Mandiri dan Sugih Mukti yang merupakan mitra binaan PT ANTAM di Cimahi Utara.

Direktur Operasional PNM, Sunar Basuki, menyambut hangat kerja sama ini dan menyatakan kesiapan PNM dalam memberikan berbagai pelatihan kepada pelaku usaha UMK untuk meningkatkan nilai tambah serta pengetahuan klaster usaha ternak sapi perah agar mampu membantu pemenuhan suplai produksi susu lokal tanah air.

“Kualitas produk dan kompetensi peternak lokal perlu terus didorong agar konsumsi susu lokal meningkat, sehingga ke depannya mereka para peternak sapi lokal dapat berperan besar dan mampu memenuhi kebutuhan konsumsi susu nasional,” papar Sunar.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya