TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Pakai Baju Adat Kustin Kutai dalam Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Baju adat Kustin dulunya dikenakan keturunan kerajaan

Upacara perayaan HUT ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024). (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengenakan baju adat Kutai atau lebih tepatnya Kustin saat memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024).

Baju Kustin merupakan salah satu pakaian adat Kutai, Kalimantan Timur. Baju ini didominasi warna hitam dengan aksen warna emas yang membuat tampilannya terlihat elegan dan mewah.

Baju adat Kutai tersebut dulunya dikenakan keturunan kerajaan. Baju Kustin punya makna kebesaran, yang hanya bisa digunakan orang yang memiliki kasta tertinggi.

Senada dengan Jokowi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga mengenakan baju Kustin.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan HUT RI digelar di dua tempat, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Namun, upacara peringatan HUT ke-79 RI hanya digelar di IKN. Ini merupakan kali pertama upacara 17 Agustus digelar di IKN.

Prosesi Kirab Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dimulai pukul 09.15 WIB. Sedangkan upacara bendera dimulai pukul 10.00 WIB, ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi inspektur upacara di IKN. Jokowi ditemani presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri peringatan HUT RI di Istana Kepresidenan Jakarta. Ma'ruf ditemani wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Perwakilan Warga Adat Kalimantan Hadiri HUT ke-79 RI di IKN

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya