TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Warna-Warni Umat Katolik Padati GBK untuk Misa Agung Paus Fransiskus

Para umat Katolik menggunakan seragam menandai kelompoknya

Jemaat Misa Agung terlihat memakai berbagai macam warna pakaian saat hadir di GBK pada Kamis (5/9/2024). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Jakarta, IDN Times - Warna-warni seragam umat katolik mulai memadati stadion Gelora Bung Karno (GBK) jelang misa agung bersama Paus Fransiskus pada Kamis (5/9/2024) sore nanti.

Meski baru dimulai sekitar pukul 17.00 WIB, dari pantauan IDN Times terlihat lautan umat mulai berbaris rapi memasuki area stadion.

Umat dari berbagai daerah ini hadir mengenakan pakaian seragam sesuai rombongannya, ada yang berbaju putih, hijau, hingga biru.

Ada yang menyeragamkan topi hingga selendang, supaya senada tiap-tiap rombongan.

Berdasarkan pantauan IDN Times, pada pukul 12.20 WIB sejumlah frater, suster dan romo dari berbagai daerah bahkan negara hadir bersama para umat. Ada tiga alur umat untuk masuk ke GBK. Semua umat akan di drop off di lokasi-lokasi kantong parkir yang sudah ditentukan dan berjalan menuju Gate Akses yang sudah ditentukan. 

Akses masuk Umat ke Kompleks GBK yang pertama adalah Halte Gelora Bung Karno, Jalan Gerbang Pemuda Masuk via Plaza Utara dan Plaza Utara Pintu Kuning.

Kemudian, halte Pintu 6, Jalan Sudirman, Masuk via Plaza Timur dan halte FX Mall dan Pintu I Senayan. Masuk via Plaza Tenggara.

Sebelum menghadiri misa agung di GBK ada beberapa kegiatan yang dilakukan Paus Fransiskus. Agenda hari ke-3 Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus dimulai dengan kunjungannya ke Masjid Istiqlal, sekitar pukul 09.00 WIB.

Nantinya, setelah itu, dia akan berangkat ke Kantor Waligereja Indonesia (KWI) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Di sana dja bertemu dengan para penerima manfaat organisasi amal.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia berlangsung pada 3-6 September 2024. Indonesia jadi negara pertama dalam rangkaian perjalanan apostolik Paus di Asia. Usai kunjungan ke Indonesia, Paus akan melanjutkan perjalanannya ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Baca Juga: Momen Imam Istiqlal Cium Kening Paus Fransiskus Dibalas Cium Tangan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya