TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Terungkap! Pekerjaan BTS 4G PT IBS Diserahkan ke Subkontraktor Lokal

Pekerjaan di Papua rumit, PT IBS gandeng 40 subkontraktor

Tiga terdakwa korupsi BTS Kominfo, Yohan Suryanto, Anang Achmad Latif, dan Johnny G Plate menjalani sidang pada Selasa (25/7/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Pembangunan menara pemancar BTS 4G Kominfo di wilayah Papua ternyata turut dikerjakan oleh subkontraktor lokal. Hal ini terungkap dalam sidang  lanjutan  perkara korupsi BTS Kominfo di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

PT Infrastruktur Bisnis Sejahtera (IBS) ternyata menyerahkan proyek pekerjaan pembangunan tower pada sub koordinator, alasannya adalah karena pekerjaan di wilayah Papua rumit untuk dilakukan.

“Karena itu di Papua itu rumitnya luar biasa, untuk soal barangnya,” kata Direktur Utama PT IBS Makmur Jauhari, saat sidang, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: Perusahaan Suami Puan Maharani Disebut Terima Rp7 M dari Proyek BTS 

1. Hakim pertanyakan tanggung jawab saat teken kontrak

Terdakwa kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur BTS Kominfo, Johnny G. Plate usai menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (18/7/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Hakim Ketua Fahzal Hendri sebelumnya mempertanyakan apa pekerjaan utama PT IBS dalam proyek ini, dia menjelaskan bahwa mereka dikontrak untuk pembangunan tower.

Namun, saat ditanya lebih detail, ternyata pekerjaan tower malah dieksekusi oleh subkontraktor lokal. Fahzal bertanya ada berapa subkontraktor yang ikut dalam pekerjaan proyek BTS di Papua dan Makmur menjawab ada 40 yang turut melakukan pekerjaan fisik.

“Itu soal lain, makannya tadi di awal saya tanya saudara tanda tangan kontrak, berarti TTD juga dan bertanggung jawab juga risiko yang terjadi, termasuk di Indonesia bagian Timur. Saudara kan sudah memperkirakan, berani berbuat berani tanda tangan, berani bertanggung jawab,” kata Fahzal.

2. IBS klaim mereka bangun gudang untuk simpan barang

Sidang dugaan korupsi proyek BTS 4G BAKTI Kominfo di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Mendapat cecaran pertanyaan, akhirnya Direktur Keuangan IBS Hani Yahya angkat bicara. Dia mengatakan pekerjaan yang IBS lakukan adalah perencanaan, contohnya pemilihan gudang yang strategis untuk penyimpanan pasokan barang ke lokasi proyek di Papua. Pihaknya juga lakukan pengawasan di lapangan.

“Pada awal kami selain melakukan planning, lalu kami desain, lalu kami melakukan pembelian material. Setelah melakukan pembelian material, kami juga mendesain gudang terbaik di Papua supaya pengiriman ke lokasi lancar, lalu kami mengirimkan ke papua, lalu kami kirim lagi ke kabupaten terdekat. Nah, dari sana baru kita kirim ke lokasi di ujung sana baru kita minta bantuan subkon pembangunan,” kata dia.

Baca Juga: Saksi BTS Kominfo Ungkap Dimintai Komitmen Fee Rp2,4 Miliar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya