TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Soal Perawatan Lukas Enembe di RS, Begini Kata Kepala RSPAD 

Kondisi Lukas sudah stabil

Lukas Enembe di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/1/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Jakarta, IDN Times - Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Letjen dr A. Budi Sulistya mengatakan, rumah sakit belum bisa memastikan berapa lama Lukas Enembe akan dirawat.

"Kesehatan itu kan dinamis ya. Kesehatan itu bisa turning up, turning down. Jadi kita juga butuh melihat perkembangan dari pasien," kata Budi di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/1/2023).

Lukas diterbangkan ke Jakarta setelah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Papua, pada Selasa 10 Januari 2023. Setibanya di Jakarta, Lukas tak langsung diperiksa di Gedung KPK, namun menjalani pemeriksaan kesehatan lebih dulu di RSPAD. Lukas ditangkap terkait dugaan kasus penerimaan suap proyek infrastruktur di Papua dan gratifikasi.

Baca Juga: KPK Gandeng Ahli Bahasa Isyarat Buat Lukas Enembe, untuk Apa?

1. Kondisi Lukas cenderung stablil

Lukas Enembe di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/1/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Budi menjelaskan, saat ini kondisi Lukas sudah cenderung stabil dan tensinya terukur lebih rendah dibanding pada Selasa (10/11/2023) malam, saat baru tiba di Jakarta.

"Kondisi psikologi lebih tenang, bisa istirahat, dan stabil," ujarnya.

Budi juga mengatakan, orang nomor satu di Bumi Cendrawasih itu mendapatkan perawatan dari tiga dokter mulai dari dokter konsultan ginjal hipertensi, dokter jantung, dan juga dokter syaraf.

2. Dokter koordinasikan rekam medis Lukas

Konferensi Pers perkara dugaan korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat Rabu (11/1/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dalam pemeriksaan Lukas, RSPAD juga menerima resume kesehatan atau rekam medis Lukas. Resume kesehatan Lukas akan dikaji oleh RSPAD.

"Selesai perawatan kita harus memperoleh atau mempunyai hak untuk mendapatkan resume pemeriksaan, dan resume pemeriksaan itu bisa menjadi alat komunikasi dengan sarana kesehatan yang lain," katanya.

3. Lukas sementara waktu akan berada di RSPAD

Konferensi Pers perkara dugaan korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat Rabu (11/1/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Di RSPAD, Lukas mendapat pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan fisik tanda vital, laboratorium dan jantung.

"Pendapat dari dokter menyimpulkan bahwa tersangka LE diperlukan perawatan sementara di RSPAD," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soeborto, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2023).

Kini dia sudah ditahan oleh KPK selama 20 hari, terhitung sejak tanggal 11 Januari 2023 hingga 30 Januri 2023. Namun melihat kondisi kesehatannya, Lukas akan dibantarkan dan akan tetap berada di RSPAD Gatot Soebroto hingga kondisinya membaik sesuai dengan pertimbangan dokter.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya