TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemerintah Serahkan Pilot Susi Air Philip ke Duta Besar Selandia Baru

Philip kini jadi tanggung jawab Kedubes Selandia Baru 

Pilot Susi Air, Kapten Phillip Mark Mehertens. (IDN Times/Endy Langobelen)

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto menyerahkan Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air, kepada Kedutaan Besar Selandia Baru. Philip telah tiba di Jakarta usai selamat dari sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Pemerintah Indonesia melalui Kemenkopolhukam menyerahkan Kapten Philip pada Duta Besar Kevin Burnett. Seperti diketahui, Philip adalah warga negara asing (WNA) asal Selandia Baru.

"Jadi baru saja saya mewakili Pemerintah Republik Indonesia secara resmi telah menyerahkan Kapten pilot Martens kepada pemerintah Selandia baru, yang diwakili oleh duta besar Selandia Baru di Jakarta yaitu bapak Kevin dan acara penyerahan tadi berjalan dengan lancar," kata Hadi dalam konferensi pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/9/2024) malam.

Hadi mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh pihak yang terlibat dalam operasi pembebasan Kapten Philip

"Yaitu TNI dan Polri, tokoh masyarakat, tokoh adat, pemuka agama. Ucapan terima kasih juga kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, serta  Duta Besar Selandia Baru di Jakarta dan tentunya berbagai pihak yang telah membantu dalam proses pembebasan sandera yaitu Captain Phillip," katanya .

Dia mengatakan, usai serah terima Philip ke Duta Besar Selandia Baru, maka kini Philip jadi tanggung jawab mereka.

"Seluruh tanggung jawab sudah berada di Bapak Dubes Selandia baru," kata Hadi.

Baca Juga: Kronologi Bebasnya Pilot Susi Air Kapten Philip dari Penyanderaan KKB

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya