TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menkominfo Pastikan Jaringan Komunikasi di IKN Siap Saat HUT ke-79 RI

Sudah dilakukan pengujian koneksi

Pengibaran Bendera Merah Putih saat Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Intinya Sih...

  • Menteri Kominfo pastikan jaringan telekomunikasi di IKN siap jelang HUT ke-79 RI
  • Telkom dan Telkomsel melakukan pengujian konektivitas menggunakan fiber optik dan seluler
  • Harapan Kominfo agar layanan telekomunikasi berkualitas di IKN dapat bermigrasi secara bertahap

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat upacara HUT ke-79 RI di IKN.

“Kami pastikan jaringan telekomunikasi di IKN siap jelang upacara Hari Kemerdekaan RI. Masyarakat di Kalimantan Timur maupun daerah-daerah lainnya dapat mengikuti upacara di IKN melalui siaran langsung,” kata Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024).

Baca Juga: Undangan Terbatas, Pejabat Kemendag Tidak Ikut Upacara di IKN

1. Sudah dilakukan pengujian koneksi

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie ketika memberikan keterangan pers di kantor Kemkominfo. (IDN Times/Santi Dewi)

Dalam upaya ini, pemerintah didukung oleh Telkom sebagai pemegang hak perlintasan, serta anak perusahaannya, Telkomsel, yang telah melakukan inaugurasi infrastruktur telekomunikasi di IKN.

Penyedia layanan jaringan telekomunikasi telah melakukan pengujian pada aspek konektivitas dengan menggunakan fiber optik dan seluler, serta memastikan ketersediaan catuan listrik.

Baca Juga: Hotel hingga RS Sudah Ada, Ritel Modern Diajak Buka Cabang di IKN

2. Disebut sesuai dengan konsep smart city IKN

Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (14/8/2024). Foto Sekretariat Presiden

Dia menjelaskan, keberadaan jaringan telekomunikasi yang memadai ini sesuai dengan konsep smart city IKN, yaitu smart, green, dan sustainable city yang telah disampaikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Operator seluler lain juga telah menyediakan layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara.

Baca Juga: HUT RI di IKN Tinggal 2 Hari Lagi, Persiapan Belum Rampung

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya