TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kunjungan Paus Fransiskus Bawa Pesan Damai Dunia ke Indonesia

Paus akan bertemu pemimpin lintas agama di Masjid Istiqlal

Paus Fransiskus di Napoli, Italia. instagram.com/franciscus

Intinya Sih...

  • Paus Fransiskus dikenal sebagai pemimpin yang mengedepankan nilai-nilai universal lintas agama, ras, dan bangsa.
  • Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia jadi momen penting dalam membawa pesan perdamaian, kemanusiaan, dan persaudaraan.
  • Kunjungan Paus Fransiskus dijadwalkan pada 3-6 September 2024 dengan agenda bertemu Presiden RI Joko Widodo, para pemimpin lintas agama di Masjid Istiqlal, dan memimpin Misa Kudus di Stadion Gelora Bung Karno.

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Rm. Thomas Ulun Ismoyo, Pr. mengatakan, Paus Fransiskus dikenal sebagai pemimpin yang mengedepankan nilai-nilai universal lintas agama, ras, dan bangsa.

Maka dari itu kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia jadi momen penting dalam membawa pesan perdamaian, kemanusiaan, dan persaudaraan.

“Pesannya menyapa umat, menguatkan, dan menyampaikan pesan perdamaian di manapun berada,” kata Romo Ulun dalam dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema ‘Kunjungan Paus Fransiskus Simbol Persahabatan Lintas Agama’, dikutip Selasa (27/8/2024).

1. Kunjungan sempat tertunda saat COVID-19

Paus Fransiskus (twitter.com/@Pontifex)

Dia mengatakan, kunjungan ini sempat tertunda akibat pandemi COVID-19 pada 2020 lalu. Namun, Paus Fransiskus tetap memilih Indonesia sebagai salah satu dari empat negara lainnya yang dikunjungi pada bulan September melalui berbagai proses diplomasi panjang.

“Indonesia tetap dipilih dengan alasan sebagai miniatur keberagaman yang senantiasa tumbuh terlepas dari letupan-letupan kecil yang terjadi,” kata dia.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan

2. Paus akan dijadwalkan tiba pada 3 September 2024

Rm. Thomas Ulun Ismoyo, Pr., Konferensi Waligereja Indonesia/Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus. (dok. Forum Merdeka Barat)

Kunjungan Paus Fransiskus dijadwalkan pada 3-6 September 2024. Dia akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 3 September sore dan beristirahat lebih dulu kemudian pada 4 Desember mulai melakoni sejumlah agenda di Jakarta.

Pada 4 September pagi, Paus Fransiskus diagendakan akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, dilanjutkan dengan pertemuan pribadi dengan para imam Serikat Yesus di Gereja Katedral Jakarta dan menemui kelompok pemuda para religius di belakang Katedral.

Baca Juga: Paus Serukan Perangi Perdagangan Orang, Bagaimana Kondisi TPPO di RI?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya