TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kominfo Ungkap Ada Kesenjangan Perempuan pada Ranah dan Literasi Digital

Masih banyak yang belum bisa akses internet

Ilustrasi pelatihan kerja (ANTARA FOTO/Rahmad)

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Mira Tayyiba mengungkapkan, penggunaan ekosistem digital baik di tingkat dunia maupun Indonesia masih didominasi oleh kaum laki-laki dibanding perempuan.

“Dalam konteks nasional, hasil survei Kementerian Kominfo bersama Katadata Insight Center pada tahun yang sama mengenai status literasi digital laki-laki mencapai 3,56 poin, lebih tinggi daripada skor indeks perempuan 3,52 persen,” kata dia di forum Girls In ICT Day Indonesia 2023, dikutip Senin (30/10/2023).

Baca Juga: Polri Ingatkan Pentingnya Literasi Digital Anak demi Hindari Kekerasan

1. Perempuan masih banyak yang belum bisa akses internet

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba dalam forum Girls In ICT Day Indonesia 2023 di Mandarin Oriental Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023) (Dok. Humas Kementerian Kominfo)

Mengutip data International Telecommunication Union Tahun 2022, Mira Tayyiba menunjukkan bahwa sebagian besar dari 2,7 miliar penduduk dunia yang belum memiliki akses internet berasal dari kalangan perempuan. 

Masih dengan data yang sama, pengguna internet aktif di dunia didominasi laki-laki sebanyak 62 persen, sedangkan perempuan dengan angka 57 persen.

2. Dunia Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM) masih didominasi oleh laki-laki

Ilustrasi aktivitas ujian komputer (IDN Times/Istimewa)

Selain itu dunia Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM) saat ini juga masih didominasi oleh laki-laki. Proporsi perempuan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi seperti pemrograman, analisis sistem, pengembang perangkat lunak dan lainnya baru mencapai 17 persen.  

“Sedangkan jumlah ilmuwan perempuan di bidang engineering juga baru mencapai 20 persen, jadi masih sangat rendah angkanya,” katanya.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Jaga Ruang Digital Jelang Pemilu 2024

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya