TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KemenPPPA: KTT ke-43 ASEAN Upaya Wujudkan Kawasan Ramah Perempuan-Anak

Rangkaian konferensi AMMW hasilkan 3 kesepakatan

Menteri PPPA Bintang Puspayoga saat hadiri KTT ASEAN-Kanada, Rabu (6/9/2023). (dok. KemenPPPA)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengungkapkan, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) jadi momen untuk mewujudkan kawasan ramah perempuan dan anak.

Upaya ini dilakukan dengan pengarusutamaan gender, pemenuhan hak dan perlindungan.

"Kami percaya, seluruh hasil kesepakatan yang diambil oleh negara-negara ASEAN dan mitra dialog dalam KTT ini akan memberikan dampak positif secara langsung bagi perempuan dan anak, termasuk hasil kesepakatan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo pada 10-11 Mei lalu. Ini adalah momentum bagi kita untuk bersama-sama mewujudkan kawasan ramah perempuan dan anak yang mengedepankan pengarusutamaan gender, pemenuhan hak, serta perlindungan bagi perempuan, anak, dan kelompok rentan lainnya," kata Bintang dalam keterangannya, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga: Buka KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi Serukan Persatuan ASEAN

1. Peran aktif implementasi hasil kesepakatan agenda ini

Menteri PPPA Bintang Puspayoga saat hadiri KTT ASEAN-Kanada, Rabu (6/9/2023). (dok. KemenPPPA)

Bintang turut menghadiri pembukaan KTT ke-43 ASEAN. Dia mengaku, KemenPPPA siap mengambil peran aktif dalam implementasi hasil kesepakatan bersama nantinya. Dimulai dari negara sendiri, kawasan ASEAN, hingga di tingkat global.

Sebelumnya KemenPPPA telah melaksanakan dua konferensi di Yogyakarta pada 4-7 Juli 2023 bersama delegasi negara-negara ASEAN dan mitra dialog lainnya.

"Pertama, Konferensi Pengarusutamaan Gender yang diselenggarakan sebagai upaya percepatan implementasi pengarusutamaan gender di ASEAN. Kemudian dilanjutkan dengan KTT Perdamaian dan Keamanan Perempuan ASEAN sebagai dorongan membangun komitmen perlindungan perempuan dan anak dalam kondisi konflik,” kata Bintang.

2. Rangkaian konferensi AMMW hasilkan tiga kesepakatan

Persiapan KTT ke-43 ASEAN 2023. (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Sementara itu, sebelumnya Bintang sebagai Ketua Pertemuan Menteri-Menteri ASEAN tentang Perempuan/ASEAN Ministers Meeting on Women (AMMW) telah menyelenggarakan serangkaian konferensi yang dihadiri oleh delegasi Kanada.

Dalam konferensi yang telah dilakukan sepanjang 2023, telah disepakati tiga output, yakni ASEAN Gender Mainstreaming Strategic Framework; Women, Peace and Security; dan Declaration on Gender Equality and Family Development.

"Dari 3 kesepakatan tersebut, Kanada berkomitmen mendukung output pertama dan kedua yang selanjutnya akan diintegrasikan dalam program Desa atau Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (D/KRPPA),” kata Bintang.

Salah satu kesepakatan dalam KTT ASEAN-Kanada adalah ASEAN-Canada Joint Leaders’ Statement on Strengthening Food Security and Nutrition in Response to Crises.

Baca Juga: KTT ke-43 ASEAN Hari Terakhir, Ini Jadwalnya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya