TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KemenPPPA: Hari Ibu Indonesia Bermakna Lebih Penting Sejak Kongres

Kongres Perempuan jadi titik penting pergerakan perempuan

Agenda Merayakan Perempuan atau Kick Off Peringatan Hari Ibu ke-95 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023). (dok. KemenPPPA)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengungkapkan Hari Ibu di Indonesia tidak sama dengan Mother’s Day. Hal ini dia sampaikan saat KemenPPPA menggelar agenda “Merayakan Perempuan” di Istora Jakarta. Agenda ini digelar untuk menandai Kick Off Peringatan Hari Ibu ke-95 pada 22 Desember 2023.

“Hari Ibu di Indonesia memiliki makna lebih penting karena Hari Ibu didasari oleh momentum diselenggarakannya Kongres Perempuan Pertama yang dilaksanakan pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Kongres Perempuan Pertama merupakan titik penting pergerakan perempuan yang menandai babak baru bangkitnya organisasi perempuan di Indonesia tanpa membedakan agama, etnis dan kelas sosial,” ujar Bintang, dalam sambutannya, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga: Peringatan Hari Ibu 2023, Kemen PPPA Gelar Acara Merayakan Perempuan

1. Keadilan, kesejahteraan dan perdamaian tidak pernah akan tercapai tanpa peran perempuan

Agenda Merayakan Perempuan atau Kick Off Peringatan Hari Ibu ke-95 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Hari ibu sendiri bermula dari Kongres Perempuan Indonesia pertama yang digelar pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Kaum perempuan telah menunjukkan kontribusinya dalam perjuangan mewujudkan negara yang merdeka dan berdaulat.

“Peringatan Hari Ibu mengingatkan kita semua bahwa keadilan, kesejahteraan dan perdamaian tidak pernah akan tercapai tanpa peran serta perempuan. Untuk semua perempuan di Indonesia, ingatlah bahwa perempuan Indonesia adalah sosok yang tangguh, kuat dan berdaya yang berani bermimpi dan mampu mewujudkannya,” kata dia.

Baca Juga: Polemik PKPU 10/2023 Bentuk Perlakuan Diskriminasi Terhadap Perempuan 

2. Ada tujuh ribu perempuan hadir

Agenda Merayakan Perempuan atau Kick Off Peringatan Hari Ibu ke-95 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kemen PPPA menggelar “Merayakan Perempuan” di Istora Jakarta untuk menandai Kick Off Peringatan Hari Ibu ke-95.  

“Merayakan Perempuan” diikuti  lebih dari  7.000 undangan dari berbagai profesi seperti pengacara, peneliti, perempuan yang menggeluti dunia STEM, atlet, akademisi, guru, petani, nelayan perempuan, pelaku UMKM, pengemudi online hingga pedagang.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya