TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemenkumham Ajak Generasi Muda Sadar HAM di Pilkada 2024

Deklarasi ini jadi awal rangkaian peringatan hari HAM

Agenda Pencanangan (Kick Off) Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Ke-76 Tahun 2024 dan Deklarasi Pilkada Bagi Pemilih Pemula di Graha Pengayoman, Kemenkumham, Rabu (24/9/2024). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas, menekankan pentingnya Pilkada yang ramah HAM, bebas dari provokasi, hoaks, dan ujaran kebencian. Generasi muda diajak meningkatkan kesadaran mengenai hak-hak mereka dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

“Dengan pengetahuan yang memadai, diharapkan generasi muda dapat menjalankan hak suara mereka secara bijak dan bertanggung jawab, serta berkontribusi pada pelaksanaan Pilkada yang menghormati prinsip-prinsip hak asasi manusia (HAM),” kata Supratman dalam pidatonya di acara Pencanangan (Kick Off) Peringatan Hari Hak Asasi Manusia ke-76 Tahun 2024 dan Deklarasi Pilkada Bagi Pemilih Pemula di Kemenkumham, Jakarta, Rabu (25/9/2024).

1. Ada kolaborasi dengan Koppeta HAM

Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kemenkumham menggelar acara ini bersama dengan Komunitas Pemuda Pelajar Pecinta HAM (Koppeta HAM), untuk memberikan edukasi dan informasi terkait hak-hak pemilih pemula, serta cara menghindari provokasi dan kabar palsu alias hoaks.

“Dengan kolaborasi bersama generasi muda, kami meyakini bahwa Pilkada mendatang dapat berjalan dengan suasana yang lebih aman, damai, dan tentunya demokratis,” kata Menkumham.

Baca Juga: Targetkan Milenial dan Gen Z, Pramono Anung Fokus Pakai TikTok

2. Pentingnya mempersatukan anak bangsa

Ilustrasi Pilkada serentak. (IDN Times/Mardya Shakti)

Supratman menjelaskan pemilihan tema hari HAM ke-76 2024 yaitu “Harmoni Dalam Keberagaman Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini disebut relevan terlebih usai besarnya energi bangsa terkuras dalam pesta demokrasi lima tahunan.

“Melalui tema hari HAM Sedunia tahun ini, kami ingin menyampaikan pesan tentang pentingnya mempersatukan kembali anak-anak bangsa, untuk bersama-sama membangun bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” kata politikus Partai Gerindra itu.

Baca Juga: Pengamat: Generasi Muda Skeptis Namun jadi Penentu Pilkada di Sumsel

3. Deklarasi ini jadi awal rangkaian peringatan Hari HAM

Dirjen HAM Dhahana Putra (IDN Times/Lia Hutasoit)

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal HAM Kemenkumham, Dhahana Putra, mengungkapkan deklarasi hari ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari HAM Sedunia ke-76.

Selain deklarasi, Kemenkumham telah menyiapkan sejumlah agenda lainnya seperti Cerdas HAM, Talkshow Harmoni dalam Keberagaman, Seminar Internasional, Lomba Konten Kreator Harapan Masyarakat Terhadap Pelaksanaan P2HAM, Lomba Video P5HAM, dan Lomba Konten Diseminasi HAM Bagi ASN.

"Untuk puncak peringatan Hari HAM ke-76, direncanakan akan kita laksanakan di Taman Mini Indonesia Indah," kata Dhahana.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya