TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kaesang Pangarep Hadir di KPK, Jelaskan Penggunaan Jet Pribadi

Kaesang sebut dia nebeng jet pribadi teman

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo tiba-tiba mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia hadir untuk memberikan klarifikasi terkait dugaan gratifikasi usai menggunakan pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat.

Terlihat suami Erina Gudono ini didampingi Sekjen PSI yang juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt.) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Raja Juli Antoni dan Ketua DPP PSI, Francine Widjojo. Dia hadir di KPK sekitar pukul 10.50 WIB berdasarkan laporan salah satu pihak PSI kepada awak media, kemudian sekitar pukul 11.30 dia keluar dari KPK. Kaesang hadir mengenakan kemeja warna putih dan celana hitam, dengan berjalan santai dia tak lama berada di KPK.

Kaesang tengah menjadi perhatian publik terkait dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi saat dia bersama sang istri, Erina Gudono, bepergian ke negeri Paman Sam pada pertengahan Agustus lalu. Hal ini terungkap dari foto jendela pesawat yang diunggah Erina di media sosialnya, Instagram. Belakangan diketahui, mereka ternyata naik pesawat jet pribadi.

1. Alasan Kaesang naik jet pribadi: Nebeng teman

Kaesang Pangarep hadir di kantor KPK. (dok. IDN Times/Istimewa)

Kehadirannya di lembaga antirasuah itu untuk mengklarifikasi mengenai perjalanannya ke Amerika Serikat dengan jet pribadi pada 18 Agustus 2024 lalu.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah. Nebeng pesawatnya teman saya," kata dia.

Dia menjelaskan kedatangannya sebagai warga negara yang baik dan untuk menegaskan statusnya bukan penyelenggara negara atau pejabat. Kaesang mengatakan kedatangannya ke kantor lembaga antirasuah itu adalah inisiatifnya sendiri.

Baca Juga: Kaesang Sudah Klarifikasi Jet Pribadi, Kapan Giliran Bobby Nasution?

2. Ingin pakai pesawat komersil, tapi ditawari naik jet pribadi oleh temannya

Kaesang Pangarep hadir di kantor KPK. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sementara Francine Widjojo, yang ditunjuk Kaesang sebagai juru bicaranya menjelaskan, awalnya Kaesang memang berencana naik pesawat komersil untuk pergi ke Amerika Serikat bersama sang istri, Erina Gudono.

"Kalau terkait dengan kejadiannya, sebenarnya waktu itu Mas Kaesang itu sudah rencana berangkat ke Amerika di sekitar 20 Agustus, rencana pakai pesawat komersial, kebetulan ada temannya yang juga berangkatnya searah di 18 Agustus, makanya barenglah nebeng," kata dia.

3. Inisial teman yang meminjamkan pesawat

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan ketika memberikan keterangan pers soal laporan dugaan gratifikasi Kaesang Pangarep di gedung C1 KPK. (IDN Times/Santi Dewi)

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan menjelaskan inisial pemilik jet pribadi itu adalah Y. Identitas pemilik jet pribadi itu disampaikan Kaesang di dalam formulir pelaporan dugaan gratifikasi yang dapat diunduh di situs komisi antirasuah.

"Inisialnya Y kalau gak salah. Tapi kami gak tahu apakah yang ditulis benar nama lengkap. Apakah dia WNI atau WNA. Pesawatnya punya siapa, nanti kami konfirmasi kembali," katanya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya