TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

CEK FAKTA: PKB Sempat Alihkan Dukungan ke Anies di Pilkada DKI

Beberapa partai sempat mendukung Anies

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ketika memberikan keterangan usai gagal maju di Pilkada 2024. (Tangkapan layar YouTube Anies Baswedan)

Intinya Sih...

  • Video klaim PKB usung Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2024-2029.
  • Google Lens temukan video merujuk pada artikel Tribunnews.com yang diterbitkan pada 13 Juni 2024.

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter bernama “WangChuShe” pada 28 Agustus 2024 menjadi perhatian publik jelang kontestasi Pilkada DKI Jakarta.

Sebab, dalam video tersebut menyampaikan narasi yang mengklaim bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2024-2029.

Klaim ini kemudian disebarluaskan di berbagai platform media sosial sehingga menimbulkan spekulasi di tengah masyarakat.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Anies Sudah Bentuk Partai Perubahan Indonesia?

1. Penelusuran Google lens mengarah pada artikel yang terbit 13 Juni 2024

Informasi yang menyatakan bahwa Anies diusung oleh PKB ke Pilkada DKI Jakarta (Tangkapan layar/X WangChuShe)

Namun, setelah ditelusuri dengan Google Lens, ditemukan bahwa video tersebut merujuk pada artikel Tribunnews.com yang diterbitkan pada 13 Juni 2024.

Artikel tersebut berjudul “Anies Terima Rekomendasi PKB DKI Maju di Pilgub Jakarta: Ini Amanah Besar,” yang menyebutkan Anies Baswedan telah menerima rekomendasi dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024.

Baca Juga: Rano Karno Minta Saran Anies untuk Benahi JIS

2. PKB tegaskan tak alihkan dukungan ke Anies

Anies Baswedan hadir dalam Kongres ke-III Partai NasDem, Minggu (25/8/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Meskipun demikian, klaim tersebut terbukti tidak akurat. Dilansir dari ANTARA.com, Sekretaris Dewan Syuro PKB, Maman Imanulhaq, menyatakan partainya belum mengalihkan dukungan kepada Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta 2024. 

"Di PKB belum ada keputusan sampai hari ini untuk mengalihkan dukungan, kami awalnya (memberikan dukungan) ke Anies Baswedan, lalu karena ada perubahan cuaca akhirnya kami mendukung pasangan yang didukung oleh KIM Plus dan sampai hari ini belum berubah," kata Maman pada Kamis (29/8/2024).

Baca Juga: Jazilul: PKB Hasil Muktamar Bali Legal, Ngaku-Ngaku Kita Sapu!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya