TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Budi Arie Sidak ke Data Center PDNS 2 Tangsel, Cek Keamanan Siber

Sejumlah layanan publik yang telah berhasil dipulihkan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Data Center (DC) Temporer Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Tangerang Selatan, Banten pada Rabu, 17 Juli 2024 (Dok. Humas Kominfo)

Intinya Sih...

  • Menteri Kominfo Budi Arie sidak ke Data Center Temporer PDNS 2 di Tangerang Selatan, Banten.
  • Langsung melihat Cyber Security Center, Working Space, dan Infrastruktur Penyimpanan Data Center.
  • Sidak sebagai bagian dari pengawasan pemulihan layanan digital nasional akibat serangan siber ransomware.

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Data Center (DC) Temporer Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Tangerang Selatan, Banten, pada Rabu 17 Juli 2024.

“Hari ini saya melakukan inspeksi mendadak ke salah satu infrastruktur PDNS di luar Surabaya, untuk memastikan penguatan keamanan siber dilakukan dengan optimal,” kata Budi Arie dalam keterangannya, dikutip Kamis (18/7/2024).

Baca Juga: 86 Layanan PDNS Pulih hingga Kaesang Usul Ridwan Kamil Maju Pilgub DKI

1. Budi Arie lihat penyimpanan data center

Menkominfo, Budi Arie Setiadi (dok. Sekretariat Presiden)

Dia melihat langsung Cyber Security Center, Working Space, dan ⁠Infrastruktur Penyimpanan Data Center Temporer.

Dalam kunjungan di DC Tangerang Selatan, Budi Arie didampingi Plt. Dirjen Aptika Kemenkominfo Ismail dan pejabat Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dalam sidak ini, juga ada sejumlah pejabat Telkom Sigma sebagai pengelola Data Center temporer PDNS Tangerang Selatan.

2. Sebut pemulihan data dilakukan dengan teliti

Menkominfo, Budi Arie Setiadi (dok. Sekretariat Presiden)

Inspeksi yang diklaim mendadak ini disebut sebagai bagian dari serangkaian upaya pengawasan terhadap pemulihan infrastruktur penyediaan layanan digital nasional.

Dia menjelaskan, skema pemulihan migrasi data dilakukan pemerintah untuk mengatasi serangan siber ransomware pada Pusat Data Nasional Sementara atau PDNS 2 di Surabaya.

“Saya pastikan setiap langkah-langkah pemulihan dilakukan dengan teliti. Ini penting untuk memastikan migrasi dan back up data dilakukan dengan penuh kehati-hatian,” ujarnya.

3. Percepatan penanganan serangan brain cipher ransomware

Presiden Jokowi panggil Menkominfo Budi Arie Setiadi hingga Bos BSSN imbas kasus serangan siber PDN. (IDN Times/Trio Hamdani)

Sidak ke Data Center Tangerang Selatan tersebut sebagai kelanjutan kunjungan Menkominfo Budi Arie Setiadi ke PDNS 2 Surabaya pada Selasa (16/07/2024).

Dia mengungkapkan, percepatan penanganan serangan brain cipher ransomware berlangsung optimal. Upaya pemilihan layanan PDNS 2 dilakukan oleh tim Kementerian Kominfo, BSSN, PT Telkom Tbk, serta seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Sejumlah layanan publik yang telah berhasil dipulihkan berupa layanan perizinan dan layanan informasi dalam bentuk portal, termasuk layanan beasiswa Kemendikbudristek.

“Inspeksi dan evaluasi akan terus saya lakukan di beberapa titik infrastruktur data nasional yang lain dalam beberapa hari ke depan,” kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya