TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anggota DPR Habiburokhman: Tak Ada Pengesahan RUU Pilkada Hari Ini

Wakil Ketua DPR Habiburokhman menemui demonstran

Momen Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Habiburokhman, dilempari oleh massa (IDN Times / Lia Hutasoit)

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman dilempari botol saat hendak menyampaikan suaranya di atas mobil komando, ketika menemui demontran di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2023).

Habiburokhman keluar dari gedung DPR sekitar pukul 12.50 WIB, dengan perlindungan sejumlah anggota kepolisian. Tak banyak bicara di depan massa, dia hanya mengatakan RUU Pilkada tidak disahkan hari ini.

"Hari ini saya menyampaikan informasi. Kami menyatakan tidak ada pengesahan RUU Pilkada," kata anggota Fraksi Gerindra itu di komplek parlemen DPR RI.

Tak lama, Anggota Fraksi Gerindra itu diminta turun oleh massa yang ada di depan gedung DPR. Kendati, tidak ada korban dalam peristiwa ini.

Diketahui, gejolak kemarahan demonstran terjadi usai DPR menganulir putusan penting MK No.60/PPU-XXII/2024 dan No.70/PPU-XXII/2024/ terkait pencalonan kepala daerah pada Pilkada 2024.

Rencananya memang hari ini DPR menggelar sidang paripurna, namun ditunda sampai waktu belum ditentukan. Pimpinan DPR akan menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk menjadwalkan ulang rapat paripurna pengesahan Revisi Undang-Undang (RUU) Pilkada.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menyampaikan, peserta rapat paripurna hari ini hanya dihadiri 86 anggota dewan. Sedangkan, kuorum minimal 50+1 dari seluruh anggota DPR 575 orang. 

Baca Juga: Ribuan Mahasiswa Mulai Ramaikan Demo Kawal Putusan MK di DPR

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya