TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada Demo #KawalPutusanMK di DPR, Jalan Gatot Soebroto Arah Slipi Macet

Kendaraan hanya bisa lewat jalur TransJakarta

Aksi Depan DPR, Jalan Gatot Soebroto Arah Slipi Hanya Bisa Dilalui Lewat Jalur Busway. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Jakarta, IDN Times - Unjuk rasa di depan gedung DPR RI Senayan, Jakarta, mengakibatkan lalu lintas terhambat. Salah satu yang terdampak adalah ruas Jalan Gatot Soebroto arah Slipi dan Palmerah.

Kendaraan roda empat dan motor bergerak pelan melalui jalur TransJakarta atau busway. Hanya tersisa satu jalur yang bisa dilalui. Sejumlah pengendara motor berusaha menyelinap di antara barisan mobil yang antre.

Di tengah kemacetan, pengendara motor memilih berhenti di pinggir jalan dan merekam aksi demonstrasi dengan ponsel. Sedangkan beberapa peserta unjuk rasa terlihat menunggu di sisi jalan.

Unjuk rasa ini adalah bentuk protes masyarakat terkait polemik DPR yang menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pencalonan kepala daerah.

Sebelumnya, DPR menjadwalkan sidang paripuran untuk mengesahkan draf Revisi UU Pilkada menjadi Undang-undang. Namun, sidang paripurna yang dijadwalkan mulai pukul 09.00 WIB itu ditunda karena jumlah peserta sidang tidak kuorum atau memenuhi kuota. 

Pimpinan DPR akan menggelar rapat badan musyawarah (Bamus) untuk menjadwalkan ulang rapat paripurna pengesahan RUU Pilkada.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan, rapat paripurna hari ini hanya dihadiri 86 anggota DPR. Sementara untuk mencapai kuorum rapat paripurna harus dihadiri 50 persen +1 dari total 575 anggota dewan.

Baca Juga: DPR Melawan Putusan MK, Tanda Matinya Demokrasi 

Baca Juga: Putusan MK Diabaikan, Ini Sikap Asosiasi Pengajar Tata Hukum Negara

Baca Juga: FH UGM Liburkan Mahasiwa untuk Turun Aksi Kawal Putusan MK

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya