TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Imam Budi Hartono, Cawalkot Depok yang Mau Ciptakan Pengusaha Muda

Lebih dari dua dekade berkecimpung di dunia politik

Imam Budi Hartono dalam acara launching Pahlawan Demokrasi (Dok. Website PKS)

Intinya Sih...

  • Imam Budi Hartono adalah calon Wali Kota Depok yang memiliki pengalaman politik selama dua dekade.
  • Program inovatifnya termasuk pemberian dana hibah untuk Karang Taruna dan penciptaan 5000 pengusaha muda baru.
  • Imam menempuh pendidikan S1 hingga S3 di Universitas Indonesia, serta aktif sebagai pengajar dan aktivis.

Jakarta, IDN Times - Imam Budi Hartono atau yang sering dipanggil Bang Imam, adalah sosok yang sudah lebih dari dua dekade berkecimpung di dunia politik.

Pria berusia 56 tahun ini juga sudah banyak menorehkan banyak prestasi dan pengalaman dalam bidang legislatif, organisasi, dan kini eksekutif.

Dalam usaha Imam untuk mendekatkan diri dengan generasi muda, ia menggunakan pengalamannya sebagai Ketua Karang Taruna Jawa Barat untuk meluncurkan berbagai program inovatif.

Salah satu program yang diandalkannya adalah pemberian dana hibah sebesar Rp50 juta per tahun untuk Karang Taruna, yang bertujuan meningkatkan semangat dan partisipasi pemuda dalam pembangunan kota.

Imam juga berkomitmen untuk menciptakan 5000 pengusaha muda baru, meliputi startup yang bekerja sama dengan universitas terkemuka.

Berikut profil Calon Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

1. Mengemban pendidikan S1 hingga S3 di UI

Sumber Foto: Instagram @imambhartono

Suami dari Etty Maryati Salim ini mengemban pendidikan S1 di Fakultas Teknik Universitas Indonesia jurusan Teknik Gas Petrokimia dan berhasil lulus pada 1995.

Tak berhenti di situ, ia melanjutkan pendidikannya untuk mengambil gelar Magister Kajian Pengembangan Perkotaan di Universitas Indonesia juga.

Sekarang ini, dia juga masih melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi di pendidikan Doktor Kajian Pengembangan Perkotaan.

Baca Juga: Pilkada Depok: Imam-Ririn Nomor Urut 1, Supian-Chandra Nomor 2

2. Sempat jadi pengajar dan aktivis

Sumeber Foto: Instagram @imambhartono

Ketika menduduki bangku kuliah, Imam juga sempat menyambi sebagai pengajar di Sekolah Menengah Atas (SMA) Hang Tuah dan Sekolah Teknik Menengah (STM) Pancoran Mas.

Selain itu, ia juga menjadi aktivis yang sering terlibat di berbagai organisasi religius. Dari situlah, Imam berkecimpung sebagai kader Partai Keadilan yang merupakan partai berbasis Islam di masa awal Reformasi. 

 

Baca Juga: KPUD Tetapkan 2 Paslon Pilkada Depok: Imam-Ririn dan Supian-Chandra

3. Pernah menjabat sebagai anggota DPRD Depok dan DPRD Jawa Barat

Sumber Foto: Instagram @imambhartono

Imam memulai karier politiknya sejak masa reformasi dengan menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Depok selama dua periode (1999-2009).

Selanjutnya, ia tetap melanjutkan karier sebagai Anggota DPRD tetapi di jenjang yang lebih tinggi yaitu DPRD Jawa Barat sebelum akhirnya menjadi Wakil Wali Kota Depok dan kini menjadi Calon Wali Kota Depok.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya