TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

TPNPB-OPM Tuding Egianus Kogoya Terima Suap Bebaskan Pilot Susi Air

Pilot Susi Air disandera selama hampir 1,5 tahun

Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, bersama Kapolres Mimika, AKBP I Komang Budiartha. (IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menuding ada dugaan suap dalam pembebasan sandera pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens.

Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, mengaku memiliki bukti adanya dugaan suap ke Panglima Komando Daerah Perang III Ndugama TPNPB-OPM, Egianus Kogeya.

“Egianus Kogeya dan kelompoknya terima uang suap dari TNI-Polri dan mengkhianati TPNPB Komando Nasional di 35 Komando Wilayah Pertahanan,” kata Sebby kepada IDN Times, Sabtu (21/9/2024).

Sebby menilai, sikap Egianus telah mengecewakan perjuangan TPNPB-OPM yang memiliki misi lebih besar dari sekedar uang.

“Mereka adalah benar-benar kelompok kriminal yang sandera pilot hanya demi uang. Itu sangat kurang ajar. Jadi mereka tidak jauh beda dengan pengecut,“ kata Sebby.

Akibat pembebasan ini, TPNPB-OPM menargetkan tiga anggota kelompok Egianus Kogeya. Ketiganya diduga yang menerima uang suap.

“Tiga orang ini yang terima uang suap target eksekusi,” ujarnya sambil memberikan foto ketiga target TPNPB-OPM yang sedang bersama Kapten Philip.

Kapten Philip dibebaskan hari ini oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, setelah disandera selama hampir 1,5 tahun. Saat ini Philip dalam perjalanan menuju Jakarta. 

Baca Juga: Kronologi Bebasnya Pilot Susi Air Kapten Philip dari Penyanderaan KKB

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya