TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sudah Ditetapkan, Cagub-Cawagub DKI Mulai Hari Ini Dikawal 40 Polisi 

Polda Metro kerahkan 120 personel untuk kawal 3 paslon

Dharma Pongrekun-Kun Wardana daftar ke KPU DKI Jakarta (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Intinya Sih...

  • Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.
  • Polda Metro Jaya akan mengawal ketiga pasangan cagub-cawagub dengan mengerahkan 120 personel, dimana masing-masing paslon akan diawasi oleh 40 personel.
  • Pasangan calon peserta gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2024 yang memenuhi syarat telah ditetapkan, terdiri dari PDIP, Hanura, PKS, Gerindra, NasDem, Golkar, PKB, PAN, PSI, Demokrat, PPP, PBB dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia.

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 pada hari ini, Minggu (22/9/2024).

Mereka adalah Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, KPU DKI menyerahkan pengamanan paslon ke Polda Metro Jaya.

“Nantinya tim dari Polda Metro Jaya ini akan melakukan pengawalan kepada masing-masing pasangan calon mulai hari ini, selama masa Pilkada serentak 2024,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta Astri Megatari di Kantor KPU DKI, Jakarta, Minggu.

Baca Juga: KPU DKI Jakarta Terima Surat Pengadilan soal Nama si Doel Rano Karno

1. Polda Metro mengerahkan 120 personel untuk mengawal 3 paslon

Ridwan Kamil mengaku dapat nomor urut berapa pun bisa menang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Samapta Polda Jaya, Kombes Pol Ahmad Zaenudin mengatakan, pihaknya menyatakan siap untuk mengawal ketiga pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta.

Polda Metro bakal mengerahkan 120 personel untuk mengamankan ketiga paslon.

“Kalau yang dilibatkan untuk VVIP 120 dibagi 3 berarti 40, 40 Itu aja, 40 orang per paslon aja,” kata  Zaenudin.

2. Pengawalan terdiri dari perwira hingga walpri

Bakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta 2007-2012, Fauzi Bowo atau Foke. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Adapun masing-masing pengawalan terdiri dari perwira, pengawal pribadi (walpri) tim advance hingga tim pengawalan. Terkain pengawalan masing-masing orang ditentukan secara situasional.

“Nanti mereka (masing-masing paslon) yang ngatur. Paslon itu 40 orang,” ujar Zaenudin.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya