TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Stadion Gelora Bung Karno Steril Jelang Misa Akbar Paus Fransiskus

Polri juga sterilkan jelang event ISF yang dihadiri Presiden

Kondisi pintu masuk Plaza Timur GBK jelang misa bersama Paus Fransiskus (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memperketat pengamanan jelang Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), yang akan dipimpin pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024) sore.

Karo PID Divisi Humas Polri sekaligus Kasatgas Humas Ops Tribrata Jaya 2024 Brigjen Pol Tjahyono Saputro, mengatakan SUGBK kini telah disterilkan.

"Sebelum pelaksanaan (misa) kita juga melakukan sterilisasi di sekitar lokasi GBK. Jadi diharapkan yang ikut ini adalah para undangan yang sudah tercatat oleh panitia, diperkiraan 80 ribu lebih," ujar Tjahyono dalam keterangan tertulisnya.

Tjahyono menjelaskan peserta Misa Akbar mulai berdatangan sejak tadi pagi. Padahal, ibadah umat Katolik itu baru akan diselenggarakan sore hari ini.

"Pagi ini sejak pukul 10 tadi, peserta ini sudah memasuki (GBK)," ungkapnya.

Adapun dalam pengamanan Misa Suci Paus Fransiskus dan event Indonesia Sustainability Forum (ISF), Polri menggelar Operasi Tribrata Jaya 2024.

Sebanyak 9.030 personel TNI-Polri terlibat operasi ini. Rinciannya, 4.730 personel Polri dan 4.300 prajurit TNI.

Sementara, peserta yang akan mengikuti misa dilarang membawa kendaraan roda empat. Sebagai gantinya, Polri telah menyiapkan rute drop off untuk mempermudah peserta memasuki lokasi Misa Akbar.

Setelah melakukan drop off peserta misa, bus lalu diparkir ke kantong parkir yang telah disiapkan Polri.

Polri menyiapkan sembilan kantong parkir untuk menampung 1.500 unit bus. Kantong parkir itu tersebar di berbagai titik, mulai dari Kemayoran, Kramat, hingga Kampung Rambutan.

Baca Juga: Paus Fransiskus: Harta Berharga RI Keberagaman, Bukan Tambang Emas

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya