TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ramai Postingan KPU Gelar Rapat Mewah dengan Kolam Ikan di Ruangan

Rapat soal kesiapan Pilkada 2024

Meja rapat KPU dengan kolam di tengahnya. (Instagram/KPU)

Jakarta, IDN Times - Postingan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Instagram ramai diperbincangkan. Kolom komentar penuh dengan kritik warganet yang geram melihat kemewahan momen rapat koordinasi Tripartit Antar Lembaga Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia.

Rapat dengan pembahasan kesiapan Penyelenggaraan Tahapan Pilkada Tahun 2024 itu digelar di kantor KPU pada Senin, 12 Agustus 2024. Foto-foto penyelenggaraan rapat itu diunggah KPU pada 16 Agustus 2024.

Dari postingan tersebut, terlihat rapat digelar mewah dengan kolam ikan di tengah ruangan. Meja dengan 19 kursi disusun melingkar mengelilingi kolam.

Hanya 14 kursi terisi, sementara lima lainnya kosong. Pertemuan itu dihadiri oleh Ketua KPU Mochammad Afifuddin, Anggota KPU Idham Holik, August Mellaz, Yulianto Sudrajat, dan Betty Epsilon Idroos, bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Anggota Bawaslu Herwyn J. H. Malonda, dan Totok Hariyono bersama Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Fuady. Sementara itu DKPP dihadiri Ketua DKPP Heddy Lugito, Anggota DKPP I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan Sekretaris DKPP David Yama.

“Itu apa sih di tengah, kolam ikan? Mau mancing sekalian apa? Mending rapat di empang,” komentar akun @ahmadsrobbani.

“Nyusun meja rapat aja udah gak efektif dan efesien apalagi waktu eksekusi hasil rapat. Buat apa coba ada air mancur?” tulis akun @mas_hata.

“Apakah tak terlalu mewah untuk dapat tripatrit antar tiga lembaga?” tulis akun @hadarng.

Postingan itu pun dikomentari di X oleh Direktur Eksekutif Network for Democracy and Electoral Integrity (NETGRIT), Hadar Nafis Gumay. Ia membalas cuitan Pengamat Pemilu, Titi Anggraini

“Tradisi rapat simpel, efektif, efisien model begini harus ditiru oleh rapat-rapat di Indonesia. Tidak perlu bermegah-megah sampai bikin kolam artifisial di tengah ruang rapat dg cemilan ekstra di atas meja. Rapat ya rapat, makan ya makan. Prioritas itu bersihkan toilet kantor,” tulis Titi membagikan cuitan @democracynow soal Biden yang menghadirkan pimpinan tiga negara. Mereka juga duduk melingkar namun tidak ada kolam ikan di tengahnya.

“Saya duga contoh fasilitasi rapat yang tidak simpel, tidak efisien, dan tidak efisien yang dimaksud Mba Titi ini ya. Satu rapat tripatrit Pimp. @KPU_ID @bawaslu_RI @DKPP_RI . Ada kolamnya🤭 Sementara Quad Summit Pres. Biden menghadirkan Pimpinan 3 negara. Beda jauh! #tolakpemborosanuang,” komentar Hadar sambil membagikan foto rapat mewah Tripartit KPU, Bawaslu dan DKPP.

Baca Juga: Tia Rahmania Batal Jadi Anggota DPR Terpilih, KPU Sebut Dipecat PDIP

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya