TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polisi Tangkap 3 Tersangka Kasus Perdangan Bayi di Tambora

Ketiga tersangka ditengkap di Bandung dan Karawang

Ilustrasi borgol (IDN Times)

Jakarta, IDN Times - Unit Reskrim Polsek Tambora menangkap tiga tersangka dalam kasus tindak pidana perdagangan bayi.

Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Donny Agung Harvinda mengatakan, tiga pelaku tindak pidana perdagangan orang (TPPO) itu berhasil ditangkap di Bandung dan Karawang, Jawa Barat.

"Kasus bermula dari adanya laporan salah satu orangtua korban. Kemudian langsung dilakukan penyelidikan," kata dia, Rabu (21/2/2024).

1. Polisi belum merincikan kasus perdagangan bayi

Ungkap kasus TPPO di Kabupaten Lampung Timur ditangani Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Meski demikian, Donny belum dapat memberikan detail secara rinci terkait kasus TPPO ini, termasuk jumlah total bayi yang diselamatkan dalam perkara tersebut.

“Kasus penjualan bayi ini masih dalam tahap penyelidikan mendalam, dan pihak kepolisian akan memberikan informasi lebih lanjut saat rilis resmi,” kata Donny.

“Kasus ini menunjukkan pentingnya upaya pencegahan dan penegakan hukum terhadap tindak pidana perdagangan orang, serta peran aktif masyarakat dalam melaporkan kasus-kasus serupa untuk menjaga keamanan dan perlindungan hak asasi manusia,” imbuhnya.

Baca Juga: Jasad Bayi Ditemukan di Tumpukan Sampah di Tangsel

2. Kapolri bentuk Satgas TPPO di bawah koordinasi Bareskrim

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi membentuk Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di bawah koordinasi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho mengatakan, Satgas TPPO dipimpin Wakil Kepala Bareskrim (Wakabareskrim) Polri, Irjen Asep Edi Suheri.

“Satgas TPPO Polri yang dipimpin oleh Wakabareskrim yang bertugas memetakan dan menindak jaringan TPPO di Indonesia,” kata Sandi kepada IDN Times, Senin (5/6/2023).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya