TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Dibebaskan KKB

Kapten Philip Mark Mehrtens sempat disandera 1,5 tahun

Dok Satgas Ops Damai Cartenz 2024

Jakarta, IDN Times - Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens akhirnya dibebaskan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Sabtu (21/09/2024). Pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024 setelah sempat disandera kurang lebih 1,5 tahun.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani mengatakan dalam upaya penjemputan Kapten Philip, pihaknya mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach.

“Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri" kata Faizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/9/2024).

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa Pilot Philip berhasil dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" ujar Bayu.

Selanjutnya Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil. Setelah kegiatan mitigasi, rencananya akan digelar konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Setelah dilakukan mitigasi, akan dilanjutkan dengan konferensi pers. Silakan rekan2 media dapat hadir ke posko kami di Mako Brimob Batalyon B/Timika untuk mendengar langsung isi konferensi pers dari para pejabat," kata Bayu.

Baca Juga: Jenazah Pilot Selandia Baru yang Dibunuh KKB Berhasil Dievakuasi 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya