TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Melihat Dekatnya Depo Pertamina Plumpang dengan Permukiman: 5 Meter

Permukiman dengan depo hanya dibatasi tembok

Jarak depo Pertamina Plumpang dengan permukiman warga hanya 5 meter. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara hanya berjarak 5 meter dengan permukiman warga RT 6 dan RT 5 RW 1, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja.

Pantauan IDN Times di lokasi, permukiman warga dengan depo Pertamina itu hanya dibatasi dengan tembok setinggi dua meter.

“Ini cuma lima meter (jaraknya), dari dulu katanya mau dibuat kali leter U tapi sampai sekarang mana,” kata salah satu korban, warga RT 6 RW 1, Bambang kepada IDN Times di lokasi, Sabtu (4/3/2023).

Dilihat dari lantai dua rumah Bambang yang hangus terbakar, IDN Times dengan mudah bisa melihat lokasi depo Pertamina. Termasuk lokasi yang diduga menjadi sumber ledakan yang berdekatan dengan tembok pembatas permukiman.

Bambang pun hanya bisa termenung di depan rumah, satu mobil dan dua motornya yang hangus terbakar. Tinggal sejak 1988, Bambang menyebut peristiwa ledakan ini sudah terjadi tiga kali.

Rumah dua lantai yang berjarak kurang dari 10 meter dari pagar pembatas depo Pertamina Plumpang itu pun hanya tersisa tembok.

“Ini yang paling parah, awalnya bunyi ‘cesss’, aroma pahit sampai ke tenggorokan selama lima menit, abis itu baru ledakan,” kata Bambang di depan rumahnya.

Beruntung, Bambang bersama istri dan seorang anaknya berhasil melarikan diri.

“Hanya baju ini yang tersisa,” kata pendatang dari Surabaya ini sambil memegang sehelai baju yang ia kenakan.

Barang dan seisi rumah Bambang terbakar tak tersisa.

“Ijazah, sertifikat tanah, semua gak tersisa,” ujar dia.

Diketahui, api menyambar Depo Pertamina Plumpang dan menyambar ke sejumlah rumah warga pada Jumat (3/3/2023) malam WIB. Titik pasti kebakaran berada di Jalan Tanah Merah Bawah RT/RW 12/09, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya