TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih Muda

Prabowo-Gibran 39,3 persen dan Ganjar-Mahfud 36,9 persen

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei terbaru dengan hasil elektabilitas pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Survei yang dilakukan pada 4-12 September 2023 itu digelar secara tatap muka menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Adapun margin of error survei ini sebesar 2,9 persen.

“Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 39,3 persen. Posisi kedua adalah Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 36,9 persen. Posisi ketiga adalah Anies-Muhaimin dengan 15 persen,” kata Direktur Citra Publik LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Bagaimana Hubungan Jokowi dan Megawati?

Baca Juga: Semua Ketum KIM Akan Antar Prabowo-Gibran ke KPU Besok

1. Prabowo-Gibran unggul jika pilpres dilakukan saat survei

Prabowo bertemu dengan Gibran. (dok. Gerindra)

Hanggoro menjelaskan, selisih Prabowo-Gibran dengan pesaing terdekatnya, yaitu Ganjar-Mahfud sebesar 2,4 persen. Sementara selisih antara Prabowo-Gibran dengan Anies–Muhaimin sebesar 24,3 persen.

“Adapun selisih antara Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin sebesar 21,9 persen. Jika pilpres dilakukan saat hari survei dilakukan, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud masuk ke putaran kedua,” ujar dia.

“Dalam putaran kedua, jika pilpres dilakukan saat survei dilaksanakan, Prabowo-Gibran kalahkan Ganjar-Mahfud cukup telak. Selisih elektabilitas dua pasangan ini mencapai 8,1 persen. Prabowo-Gibran berada di angka 52,5 persen, sedangkan Ganjar-Mahfud berada di angka 44,4 persen,” imbuhnya.

Baca Juga: Besok Daftar ke KPU, Gibran: Doakan Semua Lancar

2. Prabowo-Gibran unggul di pemilih usia muda

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumingraka (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/Mohammad Ayudha)

Pasangan Prabowo dan Gibran juga diprediksi menang di pemilih dengan usia muda. Sedangkan, pasangan Ganjar-Mahfud diprediksi menang di pemilih usia tua.

“Pemilih dengan usia di bawah 30 tahun, pilihan paling banyak kepada Prabowo-Gibran 49,5 persen. Pemilih dengan usia lebih dari 30 tahun pilihan paling banyak kepada Ganjar-Mahfud 38-39,8 persen,” kata Hanggoro.

Adapun Generasi Z (17-23 tahun) pilihan paling banyak jatuh kepada Prabowo-Gibran yang mencapai 50 persen. Generasi milenial (24 - 42 tahun) pilihan paling banyak juga ke Prabowo-Gibran 39,4 persen.

“Generasi lainnya usia di atas 42 tahun pilihan paling banyak kepada Ganjar-Mahfud 39,1 persen,” kata Hanggoro.

Baca Juga: Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Dinilai Ideal Lanjutkan Perjuangan Sandi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya