TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kompak! Mahasiswa Robohkan Gerbang DPR

Massa berhasil dihalau aparat kepolisian

(IDN Times/Tino Satrio)

Jakarta, IDN Times - Massa demonstran di depan gedung DPR RI berhasil menjebol pagar pada pukul 14.23 WIB. Pagar yang jebol berada di sebalah kiri gedung DPR.

Seperti pantauan IDN Times, Kamis (22/8/2024), massa awalnya mengoyak-ngoyak pagar hingga tembok pagar tumbang.

Setelah itu, puluhan massa berusaha masuk gedung DPR, namun dihalau puluhan polisi bertameng yang sudah sejak pagi bersiaga mengamankan gedung parlemen.

Di lapis kedua pengamanan, ratusan polisi telah mengambil posisi barikade dengan tameng.

Diketahui, gejolak kemarahan demonstran terjadi usai DPR menganulir putusan penting MK No.60/PPU-XXII/2024 dan No.70/PPU-XXII/2024/ terkait pencalonan kepala daerah pada Pilkada 2024.

Rencananya memang hari ini DPR menggelar sidang paripurna, namun ditunda sampai waktu belum ditentukan. Pimpinan DPR akan menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk menjadwalkan ulang rapat paripurna pengesahan Revisi Undang-Undang (RUU) Pilkada.

Anggota Fraksi Gerindra Habiburrokhman yang berusaha menemui massa sempat diprotes demonstran. Dia dilempari botol air mineral. Dalam kesempatan ini, dia menyebut tidak ada pengesahan RUU Pilakda hari ini.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menyampaikan, peserta rapat paripurna hari ini hanya dihadiri 86 anggota dewan. Sedangkan, kuorum minimal 50+1 dari seluruh anggota DPR 575 orang.

Baca Juga: Anggota DPR Habiburokhman: Tak Ada Pengesahan RUU Pilkada Hari Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya