TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kapolri Gelar Pertemuan dengan Tim Pembebasan Pilot Susi Air

Kapolri mendengarkan cerita detik-detik pembebasan pilot

Kapolri gelar pertemuan dengan tim pembebasan Kapten Philip. (dok. Humas Polri)

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo menggelar pertemuan dengan tim pembebasan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, Selasa (24/9/2024). Mereka yang hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya adalah tokoh masyarakat Papua.

Pertemuan itu ia unggah dalam akun instagram @listyosigitprabowo. Dalam foto tersebut, Listyo ditemani beberapa pejabat utama (PJU) Polri, salah satunya Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho.

“Beberapa tokoh masyarakat yang berperan sebagai tim negosiasi pembebasan sandera diantaranya Edison Gwijangge, Yospian Wandikbo dan Erlina Gwijangge,” kata Kapolri dalam unggahannya.

1. Kapolri mendengarkan cerita detik-detik pembebasan

Dok Satgas Ops Damai Cartenz 2024

Kapolri menjelaskan, pertemuan itu berlangsung hangat. Ia mendengarkan cerita detik-detik pembebasan dari tim negosiasi tersebut.

“Operasi ini sangat mengedepankan soft approach, sebab keselamatan sandera adalah prioritas utama. Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak Capt. Philip Mark Mehrtens dapat dibebaskan dengan aman dan selamat,” tulisnya.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pilot Susi Air Philip Mehrtens Bebas Usai Disandera KKB

2. Kapolri apresiasi Satgas Ops Paro dan Damai Cartenz

Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, di antara pasukan TPNPB Kodap III Ndugama-Deragma pimpinan Egianus Kogoya. (IDN Times/Istimewa)

Dalam unggahannya itu, Kapolri pun mengapresiasi Satgas Ops Paro dan Damai Cartenz dalam pembebasan sandera KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya. Sebab, pilot Susi Air itu disandera selama 1,5 tahun.

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras dari seluruh personel TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Ops Paro dan Damai Cartenz, tim negosiator serta seluruh pihak dan jajaran yang berperan dalam operasi pembebasan ini,” ujarnya.

3. Sebby Sambom sebut pembebasan Kapten Philip dilakukan TPNPB

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto saat memberikan keterangan pers tentang Kapten Philip Mark Mehrtens di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/9/2024). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menegaskan, pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens bukan dibebaskan TNI-Polri.

Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, mengklaim Kapten Philip dibebaskan kelompoknya.

“Pilot Susi Air bukan dibebaskan oleh militer dan polisi Indonesia, melainkan telah dibebaskan oleh TPNPB Ndugama berdasarkan janji politik Pilkada Nduga bersama Edison Geijangge,” ujar Sebby kepada IDN Times, Senin (23/9/2024).

Sebby menjelaskan, proses pembebasan Kapten Philip dilakukan dengan baik dan damai sesuai rencana TPNPB sebelumnya. TPNPB secara organisasi, kata Sebby, telah mengumumkan demi kemanusiaan siap membebaskan Warga Negara Asing (WNA) asal Selandia Baru itu.

“Dalam hal ini TPNPB benar-benar bertanggungjawab dan menunjukan kepada masyarakat international bahwa perjuangan bangsa Papua bermartabat demi hak politik kemerdekaan penetuan nasib sendiri bagi bangsa Papua yang tidak boleh diabaikan oleh PBB,” ujar Sebby.

“Ingat bahwa militer dan polisi Indonesia tidak mampu bebaskan, tapi TPNPB berniat baik bebaskannya,” imbuhnya.

Baca Juga: Dibebaskan KKB, Kapten Philips: Saya Senang Sekali, Terima Kasih

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya