TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Haru, Pilot Philip Video Call Istri usai Bebas dari Sandera KKB

Kapten Philip menangis saat melihat wajah istri

Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, bersama Kapolres Mimika, AKBP I Komang Budiartha. (IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Momen haru mewarnai bebasnya Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air dari penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua pada hari ini (21/9/2024). Usai dijemput Satgas Ops Damai Cartenz 2024, pilot asal Selandia Baru itu dibawa ke Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika.

Dalam kesempatan itu, Mark langsung menghubungi istrinya lewat telpon. Berdasarkan video yang diterima IDN Times, Mark seketika menangis saat melihat wajah sang istri di layar telepon.

Seorang anggota di sampingnya kemudian menepuk punggung Philip. Pilot Susi Air itu sesekali mengusap air matanya.

Dalam suasana haru, pilot Philip Mark Mehrtens didampingi oleh Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, KBP Dr. Bayu Suseno, dan Kapolres Mimika, AKBP I Komang Budiartha, saat ia melakukan komunikasi via video call dengan istri dan keluarganya.

“Pilot Philip Mark Mehrtens sangat bahagia saat melakukan video call bersama istri dan keluarganya untuk mengabarkan bahwa ia telah dibebaskan,” Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Dibebaskan KKB

1. Pilot Philip berhasil dijemput dari Kampung Yuguru

Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, di antara pasukan TPNPB Kodap III Ndugama-Deragma pimpinan Egianus Kogoya. (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa pilot Philip berhasil dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" ujar Bayu dalam keterangan tertulisnya.

2. Satgas Damai Cartenz mengedepankan upaya soft approach

Keadaan pilot Susi Air, Captain Philip Mark Mehrtens ketika ditawan oleh TPNPB-OPM. (Dokumentasi Istimewa)

Selanjutnya, pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis pilot Philip dalam keadaan stabil.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani mengatakan, dalam upaya penjemputan Kapten Philip, pihaknya mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach terhadap kelompok kekerasan bersenjata (KKB).

Baca Juga: Pilot Susi Air Dibebaskan KKB, Jokowi: Hasil Negosiasi Panjang

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya