TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Golkar Gelar Rapat Pleno Selasa 13 Agustus Tentukan Plt Airlangga

Plt bertugas mempersiapkan pemilihan ketum secara definitif

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia di kantor DPP Partai Golkar pada 8 Agustus 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar akan menggelar rapat pleno untuk menindaklanjuti mundurnya Airlangga Hartarto dari Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, rapat pleno itu bakal digelar pada Selasa pekan depan.

“Selasa (13/8/2024) rencananya, paling lama Selasa,” kata Doli di rumah dinas Airlangga, Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Minggu (11/8/2024).

Dalam rapat pleno itu, nantinya Partai Golkar akan menentukan pelaksana tugas (Plt) Ketum Golkar. Ia tak membantah dan membenarkan saat ditanya nama Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang bakal menjadi Pelaksana tugas (Plt) Ketum Golkar.

“Nanti kita bicarakan di rapat pleno. Jadi gini, kita kan punya aturan ya partai ini kan besar, partai ini sampai menjadi partai tertua karena selama ini kita komit dengan aturan-aturan yang sudah kita sepakati,” kata Doli.

“Dalam AD/ART itu seorang ketum bisa diganti ada sebabnya. Pertama misalnya, terkena masalah hukum, kemudian berhalangan tetap atau mengundurkan diri. Nah biasanya kalau sudah mengundurkan diri itu ditunjuk pelaksana tugasnya yang tugasnya nanti mempersiapkan pemilihan ketum secara definitif,” imbuhnya.

"Mekanismenya itu setelah seorang ketua mengundurkan diri akan disampaikan di rapat pleno, nanti rapat pleno menerima surat pengunduran diri itu dan kemudian nanti baru dibahas, diputuskan siapa yang akan menjadi pelaksana tugas," lanjut Doli.

Baca Juga: Mundur dari Ketum, Airlangga Kumpulkan Elite Golkar di Rumah Dinas

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya