TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Erick Thohir Tentukan Nasib Relokasi Depo Pertamina Plumpang Sore Ini

BUMN rapat dengan Pertamina untuk menentukan langkah

Menteri BUMN, Erick Thohir datangi lokasi pemukiman terdampak kebakaran Depo Pertamina pada Sabtu (4/3/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat dengan Pertamina tentang penentuan nasib relokasi buntut dari kejadian kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023).

Erick mengatakan, rapat itu akan digelar Senin (6/3/2023) sore. Diketahui, Presiden Joko "Jokowi" Widodo” meminta BUMN dan Pemprov DKI Jakarta untuk memutuskan apakah warga atau depo Pertamina yang harus dipindahkan dari kawasan Plumpang.

"Kalau saya nanti sama Pertamina ada rapat jam 4 ya mengenai Plumpang," ujar Erick di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Baca Juga: Pengamat Energi UGM: Pindahkan Depo Pertamina Plumpang Secepatnya!

Baca Juga: 214 Warga Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Masih Mengungsi

1. Erick Thohir belum bisa menentukan relokasi

Dampak kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Erick menjelaskan, pihaknya juga sudah sempat menggelar rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono tentang kejadian kebakaran tersebut.

Namun, ia juga belum membeberkan hasil rapat yang digelar kemarin itu. Erick juga belum bisa memastikan apakah pemerintah akan merelokasi warga sekitar atau depo Pertamina.

"Kan kemarin sudah rapat sama Gubernur DKI, ada Pak Menko. Nah hasil rapat kemarin masing-masing institusi follow up ke masing-masing institusi dulu," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Sambangi Pengungsi Kebakaran Pertamina Plumpang di RPTRA Rasela

2. Jokowi minta nasib relokasi segera ditentukan

Dampak kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Presiden Jokowi sebelumnya memerintahkan adanya solusi terkait kebakaran di depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) malam.

Salah satunya adalah opsi merelokasi warga yang bermukim di sekitar depo. Hal ini, kata dia, harus diputuskan sesegera mungkin, setidaknya dalam waktu satu atau dua hari.

"Ini, segera diputuskan sehari dua hari ini oleh Pertamina, Gubernur DKI sehingga solusinya menjadi jelas," katanya di RPTRA Rasela, Rawabadak, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023).

Baca Juga: Jokowi Beri Dua Opsi soal Nasib Warga Plumpang, Ini Jawaban Heru Budi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya