TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

AHY Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Lukas Enembe

Lukas Enembe meninggal dunia di RSPAD

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berada di Aceh, Selasa (26/12/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Banda Aceh, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan duka cita atas meninggalnya mantan Ketua DPD Demokrat Papua, Lukas Enembe pada Selasa (26/12/2023).

“Mendengar kabar duka berpulangnya Bapak Lukas Enembe, kami sangat berduka dan mendoakan semoga beliau tenang di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, diampuni segala dosa dan khilafnya, diterima segala amal kebaikannya selama hidup,” kata AHY di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

AHY pun mendoakan agar keluarga Lukas Enembe yang ditinggalkan diberikan kekuatan, kesabaran, dan bisa melanjutkan kehidupan dengan baik. Namun begitu, AHY mengaku belum bisa berkunjung ke rumah duka.

“Sementara saya ada perjalanan ke luar kota, dalam arti lanjut dari Sumatra ke Kalimantan, jadi saya belum bisa ke sana,” ujarnya.

Sebelumnya, Kuasa hukum Lukas Enembe, Antonius Eko Nugroho, mengatakan, mantan Gubernur Papua itu meninggal dunia pada pukul 10.00 WIB saat sedang menjalani perawatan di RSPAD, Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan keluarga yakni Pianus, sebelum meninggal dunia, Lukas Enembe meminta untuk berdiri.

"Kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri dengan memegang pinggang Bapak Lukas. Tidak lama berdiri, Bapak Lukas mengembuskan napas terakhirnya," ujar Antonius dalam keterangan tertulis.

Dari penuturan Pianus, sikap mendiang yang minta berdiri, menunjukkan bahwa beliau kuat, dan tidak bersalah.

"Begitu Bapak Lukas tidak bernapas lagi, langsung kami tidurkan dan memanggil dokter. Sudah diberikan tindakan, namun Bapak sudah meninggal," kata Antonius.

Baca Juga: Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya