TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang Tak Ditahan, Ini Alasannya!

Berkas perkara akan dilimpahkan pekan depan

Petugas berdiri di dekat kantong jenazah korban kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Jakarta, IDN Times - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya tidak menahan enam tersangka kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Enam tersangka itu adalah RU, S, Y, RS, JMN dan PBB.

Dirreskrimum Polda Metro, Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat, mengungkap alasan enam tersangka kebakaran yang menewaskan 49 warga binaan itu tidak ditahan.

“Enggak ditahan alasan subjektif penyidik,” kata Tubagus di Polda Metro Jaya, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Polisi: Tak Ada Unsur Kesengajaan di Kasus Kebakaran Lapas Tangerang

1. Berkas perkara akan dilimpahkan ke Kejaksaan

Ilustrasi Kejaksaan (IDN Times/Mardya Shakti)

Tubagus menjelaskan, saat ini penyidik telah selesai melengkapi berkas perkara kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Dalam waktu dekat, berkas perkara akan diserahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

“Dalam waktu dekat akan kami kirim berkasnya, minggu depan,” ujar Tubagus.

2. Polisi pastikan tak ada unsur kesengajaan dalam perkara ini

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Tubagus mengatakan, berdasarkan gelar perkara kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, penyidik dan saksi ahli menyepakati tidak adanya unsur kesengajaan.

Ahli yang dihadirkan dalam kasus ini berasal dari Laboratorium Forensik, dan ahli kebakaran dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI).

“Tidak ada unsur kesengajaan, tetapi karena kelalaian. Apa kelalaiannya? Lalainya dipasang aliran listrik yang tidak sesuai ketentuan, dengan alat yang tidak tepat, dan juga dipasang oleh bukan orang yang profesional seharusnya,” kata Tubagus di Polda Metro Jaya, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga: 9 Keluarga Korban Kebakaran di Lapas Tangerang Tuntut Tanggung Jawab 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya