TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lintasi Bekasi, 32 Biksu Jalan Kaki dari Thailand Menuju Borobudur

Thudong dilakukan Biksu dengan berjalan kaki ribuan KM

Para Biksu melakukan ritual Thudong. (IDN Times/Imam Faishal)

Bekasi, IDN Times - Sebanyak 32 biksu yang berasal dari beberapa negara melakukan ritual Thudong atau perjalanan spiritual lintas negara untuk menyambut Hari Raya Waisak 2023 tiba di Wihara Buddha Dharma, Kota Bekasi, Jumat (12/5/2023).

Ritual Thudong dilakukan para biksu dengan berjalan kaki menempuh ribuan kilometer yang dimulai dari Nakhon Si Thammarat, Thailand menuju Malaysia, Singapura, dan berakhir di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Kesultanan Cirebon, Prabu Diaz, yang merupakan penanggung jawab perjalanan Thudong, mengatakan, saat dilepas, jumlah biksu tersebut mencapai 54 orang.

"Saya melepas ada 54 biksu. Selama perjalanan dari Nakhon sampai perbatasan Malaysia, beberapa biksu ada yang tidak dapat melakukan perjalanan sehingga tinggal 32," katanya kepada wartawan di Bekasi, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Umat Budha Temui Ganjar, Sebut Akan ada Biksu Jalan Kaki Dari Thailand

Baca Juga: Bawa Mobil Mewah ke KPU, Ketua DPC PPP Kota Bekasi Daftarkan 50 Caleg

1. Berjalan 50 km setiap hari

32 Biksu singgah di Wihara Buddha Dharma, Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Nantinya, para biksu tersebut akan berjalan kaki sejauh 50 km setiap hari dan ditargetkan sampai di Borobudur pada awal Juni.

"Itu dalam satu hari 50 km berjalan kaki dan ditargetkan 2 Juni harus sudah sampai di Borobudur, Jawa Tengah," jelasnya.

Baca Juga: IPW Desak KPK Umumkan Hasil Penyelidikan WC Sultan di Bekasi

2. Membangun persaudaraan dan perdamaian dunia

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pancaran Tridharma, Ronny Hermawan. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pancaran Tridharma, Ronny Hermawan, mengaku bangga saat Kota Bekasi menjadi tempat singgah para biksu dari lintas negara tersebut.

"Kami senang sekali, bangga sekali, dan rasa terhormat umat Buddha di Kota Bekasi mendapatakan kunjungan dari 32 biksu yang berasal dari Thailand," katanya.

Ronny mengatakan, nantinya para biksu itu akan bermalam di tempat ibadah lintas agama di setiap kota yang dilintasinya.

"Jadi lintas agama ini, biksu ini juga mampir ke tokoh agama lain, disambangi dalam rangka membangun persaudaraan dan perdamaian dunia," jelas Ronny.

Baca Juga: Polres Bekasi Akan Terapkan Tilang Manual

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya