TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Nomor Urut Paslon di Pilkada Kota Bekasi 2024

Berikut beberpa program dan janji Paslon Pilkada Kota Bekasi

Nomor urut Paslon Wali Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Bekasi, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bekasi telah menetapkan pasangan calon Wali Kota Bekasi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Senin (23/9/2024). 

Hasilnya, pasangan Uu Saeful Mikdar-Nurul mendapatkan kesempatan pertama untuk mengambil tabung dan dapat nomor urut 2. Sedangkan, pasangan Heri-Sholihin mendapatkan kesempatan mengambil tabung berikutnya dan mendapatkan nomor urut 1.

Sementara pasangan calon Tri Adhianto-Harris Bobihoe mendapatkan kesempatan terakhir untuk memilih tabung dan dapat nomor urut 3.

"Selanjutnya nomor urut itu bisa digunakan untuk kebutuhan kampanye dan untuk kami KPU Kota Bekasi akan menggunakan untuk kebutuhan hak suara," kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa, Senin (23/9/2024). 

Setelah dilakukan penetapan, lanjut Ali, pihaknya pun meminta kepada seluruh pasangan calon untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yakni masa kampanye yang akan berlangsung pada 25 September hingga 25 November 2024.

Berikut IDN Times rangkum berberapa program dan janji pasangan calon Wali Kota Bekasi periode 2024-2029.

1. Pasangan Heri-Sholihin janji berikan Rp500 juta setiap RW per tahun

Heri Koswara-Sholihin. (IDN Times/Imam Faishal)

Pasangan Heri-Sholihin berjanji akan membiayai masyarakat miskin untuk mendapatkan pendidikan hingga sarjana jika dirinya terpilih. 

"Kami punya visi bisa itu bagaimana besok pendidikan dari SD, SMP itu kami akan gratiskan semua, dan juga insyaallah kami nanti satu keluarga miskin, satu sarjana," kata Sholihin, Rabu, 28 Agustus 2024. 

Sholihin mengatakan, pihaknya juga akan memberikan Rp500 juta per RW setiap tahunnya. Anggaran Rp500 juta setiap RW per tahun itu akan digunakan untuk membangun wilayahnya, sebab pembangunan Kota Bekasi harus melibatkan stakeholder paling bawah. 

"Kami akan ada membangun Kota Bekasi dari RW. Artinya, nanti RW setiap tahun kami memberikan (dana untuk) pembangunan itu Rp500 juta satu RW," katanya. 

Selain itu, untuk ketua RW juga akan mendapatkan gaji per tahun sebesar Rp25 juta. Sementara ketua RT mendapatkan gaji per tahun Rp20 juta. 

Baca Juga: Heri-Sholihin Janji Kasih Rp500 Juta per RW jika Menang Pilkada Bekasi

2. Uu-Nurul bakal berusaha maksimal

Uu-Nurul maju Pilkada Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, pasangan Uu-Nurul yang diusung Partai Golkar, NasDem, dan Garuda ini berjanji akan meningkatkan pelayanan di sektor pendidikan, kesehatan dan mengatasi persoalan lapangan pekerjaan jika nantinya terpilih. 

"Karena dari berbagai macam survei itu termasuk pelayanan-pelayanan yang ingin disampaikan kepada masyarakat," katanya Kamis, 29 Agustus 2024. 

Dia juga berjanji akan berusaha semaksimal mungkin agar masyarakat dapat secara langsung merasakan manfaat ketika Uu-Nurul terpilih di Pilkada 2024.

Baca Juga: Demokrat dan Gerindra Dukung Tri Adhianto-Bobihoe di Pilkada Bekasi

3. Pasangan Tri-Bobihoe bakal fokus di infrastruktur

Tri Adhianto-Abdul Harris Bobihoe. (IDN Times/Imam Faishal)

Semenatra, pasangan Tri-Bobihoe terdapat beberapa program yang diunggulkan yakni membuka lapangan pekerjaan, memperbaiki dunia pendidikan di Kota Bekasi hingga pengembangan infrastruktur. 

"Bagaimana nanti membuka lapangan pekerjaan baru, bagaimana untuk dunia pendidikan, kemudian juga infrastruktur dan terutama adalah bagaimana membuat warga masyarakatnya menjadi bahagia," jelas Tri, Rabu, 28 Agustus 2024. 

Tri juga mengatakan, akan menambah anggaran untuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang sebelumnya Rp200 juta menjadi Rp420 juta. 

"Tahun lalu kita berikan tanggung jawab mereka dana anggaran Rp200 juta, ternyata luar biasa hasilnya. Makanya tahun berikutnya kita naikkan Rp420 juta, dan mudah-mudahan nanti LPM dan BKM dalam kurun waktu lima tahun, akan mengelola anggaran Rp1 miliar," kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya