TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Dharma Pongrekun, Cagub Jakarta Jalur Independen

Dharma Pongrekun pernah bahas soal konspirasi COVID-19

Kombes Pol Dharma Pongrekun (Dok. BSSN)

Jakarta, IDN Times – Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, dinyatakan memenuhi syarat untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Kepastian duet Dharma-Kun tersebut sesuai hasil rapat pleno verifikasi faktual yang digelar KPU DKI Jakarta pada Kamis (15/8/2024).

Ketua Divisi Teknis Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya memastikan, berkas dukungan Dharma-Kun memenuhi syarat minimal dukungan. Keduanya berhasil menghimpun 677.468 dukungan.

Selain itu Komjen Pol Dharma Pongrekun pernah menuai sorotan warganet usai menjadi bintang tamu di kanal YouTube Dokter Richard Lee.

Dalam konten itu, Dharma menyebut, COVID-19 bukan pandemik, melainkan plandemik. Di podcast yang berdurasi hampir satu jam itu, jenderal bintang tiga tersebut juga membahas tentang asal-muasal nama COVID-19 dan konspirasi dalang pandemik COVID-19 yang menurutnya sudah direncanakan sejak tahun 2010 oleh Rockfeller Foundation.

Nah, dibalik kasus viral tersebut dan pencalonan bakal calon Gubernur Jakarta 2024, berikut adalah profil Dharma Pongrekun yang baru saja pensiun pertengahan Januari 2024 ini!

Baca Juga: Profil Prof Koentjoro, Guru Besar UGM Pembaca Petisi Bulaksumur

1. Dharma Pogrekun lahir di Palu

Pulau Sulawesi/Google Earth

Dharma Pongrekun, biasa dipanggil Dharma lahir di Palu, Sulawesi Tengah pada 12 Januari 1966.

Ia mulai berdinas sejak tahun 1988 hingga 2024. Pangkat terakhirnya adalah Komisaris Jenderal Polisi.

Baca Juga: Profil Wiko Migantoro, Wadirut Baru Pertamina

2. Perjalanan karier dan pendidikan Dharma Pongrekun

Bintara remaja baru angkatan 46 Polres PPU (IDN Times/Ervan)

Perjalanan pendidikan Dharma Pongrekun hingga pascasarjana. Pada masa mudanya, ia memulai pendidikan di SMP Bruderan Purwokerto pada 1981 dan SMAN 34 Jakarta 1984. Kemudian, berlanjut mengenyam pendidikan AKABRI A di Akademi Kepolisian pada tahun 1988.

Setelah beberapa tahun, ia melanjutkan pendidikan formal tingkat magister jurusan Manajemen di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya pada 2002 dan jurusan Ilmu Hukum di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2006. Hingga terakhir pada tahun 2023, gelar pendidikan Doktor Kehormatan Bidang Kemanusiaan dari MBC University Depok dianugerahkan padanya.

Di Polri, Dharma memiliki beberapa pengalaman yang mentereng di bidang reserse dan sejumlah jabatan strategis. Pada tahun 2015, ia pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Tindak Pidana Umum (Wadirtipidum) Bareskrim Polri. Lalu tahun 2016, ia menduduki posisi Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Bareskrim Polri.

Saat pandemik COVID-19 mulai muncul di Indonesia, ia juga sempat menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara. Setelah itu ia menempati posisi jabatan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Jianbang Lemdiklat Polri pada 2021.

Terbaru, memasuki masa pensiunnya, pada 24 Januari 2024, dia dimutasi sebagai Perwira Tinggi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Pati Lemdikat).

Baca Juga: Profil Andromeda Mercury dan Dwi Anggia, Moderator Debat Kelima

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya