TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov Papua Dorong Desainer Muda Kembangkan Batik Modern

Promosi akan dilakukan untuk jangkau pasar internasional

Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun, saat tampil mengenakan batik Papua dalam Parade Istana Berbatik di Istana Negara, Jakarta. (IDN Times/Istimewa)

Jayapura, IDN Times - Pemerintah Provinsi Papua menyatakan siap mendorong desainer muda di Bumi Cenderawasih, untuk mengembangkan desain batik yang lebih modern. 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua, Jeri A. Yudianto, di Jayapura, Senin (2/10/2023).  

Baca Juga: 5 Kreasi Batik Jakarta Utara, Batik Marunda Terkenal di Nusantara

1. Dukungan diberi untuk menarik minat pasar internasional

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua, Jeri A. Yudianto. (IDN Times/Istimewa)

Menurut Jeri, dukungan tersebut harus dilakukan agar batik buah karya anak Papua bisa menarik minat pasar internasional.

"Pemprov Papua sangat mendukung kegiatan promosi batik Papua. Contohnya kemarin melalui event Papua Street Carnival di Kota Jayapura beberapa waktu lalu, di mana kita mendorong desainer muda untuk kembangkan batik modern," ujarnya.

“Dalam event tersebut juga nuansanya mayoritas batik Papua. Bentuk-bentuk kegiatan semacam ini yang akan kita galakkan terus, supaya batik Papua bisa menarik pasar internasional,” sambung Jeri.

Baca Juga: 2 Oktober Hari Batik Nasional, Ini Sejarahnya di Tanah Air

2. Warga didorong gelorakan penggunaan batik Papua

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Papua Street Carnival di Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023). (IDN Times/Istimewa)

Jeri mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua melalui Penjabat (Pj) Gubernur Ridwan Rumasukun dalam berbagai kesempatan telah mendorong warga setempat, untuk terus menggelorakan penggunaan batik asal Papua.

Menurutnya, hal itu karena batik Papua bukan hanya sebatas pakaian, melainkan juga sebagai karya seni yang memadukan keindahan alam Papua dengan keahlian pengrajinnya.

Jeri menjelaskan batik Papua merupakan warisan budaya yang sangat berharga dan memiliki nilai yang tinggi. Tak hanya itu, batik Papua juga mempunyai filosofi mendalam dari setiap coraknya.

"Seperti keberanian dan ketulusan yang tercermin dari desain dan coraknya. Artinya, kita harus bangga memiliki batik Papua yang punya filosofi besar itu sehingga mari kita sama-sama menggelorakan cinta akan budaya dengan mendorong penggunaan batik Papua, sebagai upaya melestarikan budaya Papua dan promosi ke masyarakat luas,” tuturnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya