TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Soal Wacana 3 Periode, PDIP: Pernyataan Hasto, Puan, Adian Tak Salah

Pernyataannyna semakin membuat terang

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 (dok. PDIP)

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengatakan pernyataan politisi PDIP Hasto Kristiyanto, Puan Maharani, dan Adian Napitupulu terkait wacana presiden tiga periode tidak ada yang salah. Menurut Basarah, pernyataan ketiganya semakin membuat terang.

"Setelah saya membaca pernyataan Mbak Puan, pernyataan Adian Napitupulu sebagai ketua saya di Tim Koordinasi Relawan, dan pernyataan Mas Hasto sebagai sekjen tidak saling bertentangan. Pernyataan keduanya saling melengkapi dan ketiga-tiganya benar," kata Basarah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu, (28/10/2023).

Baca Juga: Adian Ungkap Alasan Jokowi Khianati PDIP: Gegara Penolakan 3 Periode

1. Tidak ada yang salah dari penyataan Puan dan Adian

Putra Nababan dan Ahmad Basarah (IDN Times/Aryodamar)

Basarah menyebut pernyataan Puan benar karena Presiden Joko "Jokowi" Widodo tidak pernah minta secara langsung penambahan masa jabatan dari dua periode menjadi tiga. Pernyataan Adian pun benar.

"Yang Bung Adian jelaskan adalah pernyataan-pernyataan yang muncul dari pembantu-pembantu Presiden Jokowi," ujarnya.

"Saya kira di Google kita bisa lihat rekam jejak digitalnya banyak pejabat-pejabat pemerintahan Presiden Jokowi yang menyampaikan gagasannya, keinginannya untuk mengubah masa jabatan presiden dari dua periode menjadi tiga," imbuhnya.

2. Hasto disebut telah mengonfirmasi ke sejumlah pihak

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, Basarah menilai pernyataan Hasto juga mengonfirmasi adanya permintaan perpanjangan masa jabatan presiden lewat pihak lain. Menurutnya, Hasto sudah langsung bertanya pada pejabat yang menyuarakan permintaan itu.

"Jadi dengan demikian tidak ada perbedaaan apalagi pertentangan pernyataan yang disampaikan oleh Mbak Puan, Bung Adian, dan juga Mas Hasto Kristiyanto. Karena memang pada faktanya tiga periode itu faktual bisa kita lihat," ujarnya.

Baca Juga: Sekjen PDIP: Benar Pak Lurah Minta Perpanjangan Jabatan 3 Periode

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya