TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satgas: 3 Ribu Orang Masuk RI dari Luar Negeri Setiap Hari

Pemerintah punya tantangan menyiapkan fasilitas karantina

Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Jakarta, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 nasional mengatakan penyediaan tempat karantina bagi warga yang datang dari luar negeri menjadi tantangan. Sebab, sekitar 3 ribu orang datang ke Indonesia dari luar negeri setiap harinya.

"Betul, betul, betul sekitar 3 ribu (orang) per hari. Tantangannya adalah dengan waktu karantina yang kita buat panjang bagi WNI pelaku perjalanan internasional yang pernah singgah di negara yang terkonfirmasi memiliki kasus omicron, dia wajib karantina 14 hari, di luar itu 10 hari," ujar Sonny B. Harmadi selaku Ketua bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 dalam diskusi Polemik MNC Trijaya, Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga: Waspada! Pasien Omicron di Indonesia Bertambah 2 Orang 

Baca Juga: Koalisi Desak Jokowi Cabut Aturan Dispensasi Karantina Bagi Pejabat

1. Pemerintah punya tantangan dalam penyediaan fasilitas karantina

Wisma Atlet Jakabaring Palembang untuk menampung Orang Dalam Pemantauan (ODP) paparan COVID-19 (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Masa karantina yang panjang membuat pemerintah harus menyediakan fasiilitas karantina yang lebih banyak. Sebab, perputaran kamar akan jauh lebih lambat.

"Tantangannya adalah menyiapkan fasilitas karantina memadai di tengah arus masuk dari luar negeri, terutama WNI yang pulang dalam jumlah cukup besar," ujar Sonny.

2. Pemerintah siapkan tempat karantina tambahan

Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (IDN Times/Athif Aiman)

Sonny mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini tengah menyiapkan tempat karantina tambahan agar bisa menampung orang yang datang dalam jumlah besar. Ia pun mengimbau WNI yang berada di luar negeri untuk menunda kembali sementara waktu.

"Karena bagaimana pun juga karantina yang dilakukan harus dilakukan secara ketat. Kalau mereka pulang cuma sebentar kan jadi gak sebanding," ujarnya.

Baca Juga: Gibran Minta Warga Tenang, Omicron Tak Seganas Delta

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya