TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Deklarasi Maju Pilkada DKI Jakarta 2024

Ridwan Kami-Suswono didukung 12 partai politik

Ridwan Kamil dan Suswono kompak berseragam putih jelang deklarasi sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Senin (19/8/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suswono resmi dideklarasi sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024, Senin (19/8/2024). 

Sebanyak 12 perwakilan partai politik pendukung Ridwan Kamil-Suswono yang tergabung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus membacakan deklarasi dukungan. Pembacaan deklarasi diwakili Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

"Pada hari ini, Senin, 19 Agustus 2024 kami partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju menyatakan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur, pada Pemilihan Kepala Daerah Khusus Jakarta 2024, serta siap memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono menjadi gubernur dan wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta 2024-2029," ujar Muzani.

Ridwan Kamil-Suswono didukung sejumlah partai, antara lain Gerindra, Golkar, PKS, NasDem, PKB, PBB, PSI, Demokrat, Perindo, dan PPP. Lalu ada juga dua partai yang tak lolos parlemen, yakni Garuda dan Gelora.

Dengan demikian, hanya PDI Perjuangan (PDIP) yang belum menentukan sikap dalam Pilkada Jakarta 2024. Di DPRD DKI Jakarta, PDIP meraih 15 kursi. Untuk mencalonkan, pasangan gubernur dan wakil gubernur, partai harus mengumpulkan setidaknya 22 kursi di DPRD DKI Jakarta. Dengan begitu, PDIP tak bisa mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur sendirian.

Baca Juga: Fahri: Tak Ada yang Sebaik Ridwan Kamil untuk Pimpin Jakarta Hari Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya