TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rano Karno Janji Normalisasi Sungai Andai Terpilih Jadi Wagub Jakarta

Rano Karno singgung peran Anies-Ahok berantas banjir

Pramono Anung dan Rano Karno (Instagram.com/@si.rano)

Intinya Sih...

  • Rano Karno berjanji melanjutkan normalisasi sungai untuk mengurangi banjir di Jakarta jika terpilih sebagai wakil gubernur.
  • Normalisasi sungai harus dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta bersama pemerintah pusat dan daerah penyangga.

Jakarta, IDN Times - Bakal calon Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno mengumbar janji melanjutkan normalisasi sungai untuk mengurangi banjir.  Hal itu akan ia lakukan andai terpilih sebagai wakil gubernur Jakarta.

"Harus dilanjutkan. Tapi sebetulnya daerah area sungai, itu bukan hanya wewenang Pemda, juga pusat," ujar Rano di kediamannya, Selasa (10/9/2024).

1. Perlu peran pemerintah pusat dan daerah sekitar

Bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Rano Karno (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Pemeran Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu mengatakan, normalisasi sungai harus dilakukan Pemprov DKI Jakarta bersama pemerintah pusat. Selain itu, peran daerah penyangga juga dibutuhkan.

"Daerah area sungai yang disebut DAS, itu adalah pusat dan juga kabupaten, kota, dan provinsi. Nggak bisa kita full," ujarnya.

Baca Juga: JK Minta Pramono-Rano Atasi Banjir, Macet dan Kawasan Kumuh

2. Tanggul laut raksasa juga diperlukan

Bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Rano Karno baru pertama kali naik MRT, Minggu (8/9/2024) (Instagram.com/@si.rano)

Rano Karno menilai pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall) di utara Jakarta juga diperlukan. Namun, hal itu adalah wewenang pemerintah pusat.

"Kita hanya mengisi di atas giant sea wall itu apa? Pasti harus ada pembangunan. Di situlah pemerintah kota berwenang untuk mengaturnya. Itu aja sebetulnya," ujatnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya