TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MRT Mulai Berbayar Hari Ini, Ada Diskon 50 Persen Selama Sebulan

Tarif termahalnya hanya Rp7 ribu aja!

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Jakarta, IDN Times – Setelah diresmikan oleh Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo minggu lalu, kini kereta Moda Raya Terpadu (MRT) telah resmi beroperasi secara komersial. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa selama sebulan pertama pemotongan biaya tiket kereta MRT sebesar 50 persen.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, tarif MRT Jakarta telah ditetapkan bersama oleh Pemprov DKI Jakarta dengan DPRD Provinsi DKI Jakarta. Hal itu juga tertuang dalam Pergub Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

“Mulai 1 April 2019, MRT Jakarta akan mulai beroperasi secara komersial,” ujarnya, Minggu (31/3).

Baca Juga: Gak Cuma Bundaran HI, 3 Halte TransJakarta Ini akan Terintegrasi MRT

1. Diskon 50 persen diberikan agar menarik minat masyarakat

IDN Times/Ashari Arief

Anies mengungkapkan, MRT Jakarta meminta persetujuan agar selama bulan April pengguna MRT mendapatkan diskon sebesar 50 persen. Diskon tersebut diberikan agar lebih banyak masyarakat yang menggunakan MRT dan sosialisasi mengenai penggunaan MRT dapat lebih dipahami oleh masyarakat.

“Jadi, kalau sesuai tarif dari Lebak Bulus ke Bundaran HI itu Rp14.000, selama satu bulan, hanya akan Rp7.000 sekali jalan. Juga, misal dari Dukuh Atas ke Fatmawati yang seharusnya Rp12.000, hanya akan Rp6.000. Dari Bundaran HI ke Dukuh Atas yang seharusnya Rp3.000 , hanya akan Rp1.500," jelasnya.

2. Diskon 50 persen usulan dari PT MRT

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2014-2016 itu mengatakan kebijakan diskon 50 persen tersebut merupakan usulan dari PT MRT Jakarta. Usulan tersebut kemudian dilaporkan kepada dirinya melalui surat yang dikirim oleh Dirut PT MRT Jakarta, William Sabandar.

“Tarifnya mengacu pada pergub tersebut. Diskon diberikan oleh MRT Jakarta dengan mengirim surat,” tambahnya.

3. Masyarakat diharapkan naik transportasi umum

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies menjelaskan bahwa  dengan adanya diskon 50 persen tersebut dapat memberikan ruang yang lebih besar bagi masyarakat untuk menggunakan MRT Jakarta.

“Selain itu, juga untuk mengedukasi masyarakat untuk mengubah budaya transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum,” harapnya.

Baca Juga: Hari Ini Berbayar, MRT akan Mulai Beroperasi 05.30 WIB

4. Pembayaran tiket MRT bisa menggunakan uang elektronik dan kartu MRT Jelajah single trip

Instagram/mrtjakarta

Sekretaris perusahaan MRT, Muhamad Kamaluddin menjelaskan bahwa terdapat dua jenis tiket MRT yang berlaku. Pertama, kartu MRT Jelajah single trip. Kedua, uang elektronik seperti kartu Jaklingko, E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), Tap Cash (Bank BNI), dan JakartaOne (Bank DKI).

“Adapun Kartu MRT Jakarta Jelajah Multi Trip belum diperjualbelikan karena dalam proses perizinan,” jelas Kamaluddin melalui keterangan tertulis.

Baca Juga: MRT Disebut Mahal, Anies Bandingkan Tarif dengan Ojek Online

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya