TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kelakar Pimpinan KPK: Jangan Naik Pesawat Kalau Tiketnya Gratifikasi

Nawawi sebut soal anak jualan pisang

Pelantikan Ketua KPK, Nawawi Pomolango pada Senin (27/11/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Intinya Sih...

  • Nawawi berkelakar soal anak jualan pisang, meminta dibalas dengan 'COI' yang berarti conflict of interest.
  • Nawawi menilai kinerja KPK dan pemberantasan korupsi masih buruk, dengan kondisi pemberantasan korupsi di negeri ini ada di level 3,4.
  • Menurut Nawawi, kinerja KPK saat ini tak lebih dari lima, meskipun sebenarnya ia tak mau memberikan penilaian pada diri sendiri.

Jakarta, IDN Times - Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango hadir dalam sebuah diskusi bertajuk 'Korupsi dan Konflik Kepentingan' di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam membuka pemaparannya, Nawawi sempat berkelakar.

"Izinkan dulu saya mengawali paparan ini dengan, ini bukan pantun, tapi pesan tak bijak," ujar Nawawi, Selasa (24/9/2024).

1. Nawawi sebut soal anak jualan pisang

Nawawi Pomolango (IDN Times/Aryodamar)

Nawawi mengatakan, pantun biasanya akan dibalas dengan kata-kata 'cakep' Tapi, kali ini ia minta dibalas dengan kata 'COI' yang berarti conflict of interest.

"Sang anak jualan pisang, si Bapak pengusaha terasi. Jangan naik pesawat terbang, kalau tiketnya dari gratifikasi," ujarnya.

Baca Juga: Alasan Kaesang Tulis Biaya Jet Pribadi Cuma Rp90 Juta di Formulir KPK

2. Nawawi sebut kondisi pemberantasan korupsi saat ini nilainya 3,4

Ketua KPK Nawawi Pomolango tegaskan KPK tetap jadwalkan pemeriksaan ke Kaesang meski bukan pejabat publik. (IDN Times/Amir Faisol)

Dalam forum tersebut, Nawawi juga sempat diminta memberikan penilaian terhadap kinerja KPK dan pemberantasan korupsi. Menurutnya, nilai kedua hal tersebut masih buruk.

"Tidak mengenai soal kinerja saja, tapi kondisi pemberantasan korupsi di negeri ini ada di level 3,4," ujarnya.

Baca Juga: PSI: Tumpangan Jet Pribadi Bagi Kaesang Tak Bisa Dianggap Gratifikasi

3. Nawawi sebut nilai kinerja KPK saat ini tak sampai lima

Ketua KPK Nawawi Pomolango tegaskan KPK tetap jadwalkan pemeriksaan ke Kaesang meski bukan pejabat publik. (IDN Times/Amir Faisol)

Nawawi mengatakan, sebenarnya ia tak mau memberikan penilaian pada diri sendiri. Namun,  menurutnya kinerja KPK saat ini tak tak lebih dari lima.

"Salah satu yang saya hindari adalah menilai diri sendiri. Saya ikutan Litbang Kompas saja, ada di sekitaran 4 sampai 5," ujarnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya