TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anies-Ahok dan Betawi Dinilai Jadi Faktor Elektabilitas Pramono-Rano

Elektabilitas Pramono Anung-Rano Karno saat ini31,5 persen

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Intinya Sih...

  • Elektabilitas Pramono Anung-Rano Karno mencapai 31,5 persen menurut survei Poltracking Indonesia.
  • Pram-Rano diuntungkan oleh identifikasi sebagai bagian dari etnis Betawi dan pergeseran dukungan dari pendukung Anies ke mereka.
  • Pendukung Ahok juga berkontribusi dalam peningkatan elektabilitas Pramono-Rano, dengan membantu mengampanyekan pasangan tersebut.

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Poltracking Indonesia menyebut elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno, telah mencapai 31,5 persen. Hal ini dinilai karena ada faktor mantan Gubernur Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Betawi.

“Pertama, pasangan Pram-Rano mengidentifikasi diri sebagai bagian dari etnis Betawi. Hal ini memberi kesan positif bagi etnis Betawi,” ujar Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga, Sabtu (28/9/2024).

1. Pendukung Anies dinilai lebih dukung Pramono-Rano

Pramono Anung-Rano Karno bertemu Anies Baswedan di CFD Jakarta, Minggu (1/9/2024) (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Faktor kedua, Jamiluddin menilai sebagian pendukung Anies lebih memilih Pram-Rano daripada Ridwan Kamil-Suswono. Menurutnya, publik menilai partai pengusung RK-Suswono yang menyebabkan Anies gagal maju.

“Karena itu, sebagian pendukung Anies tampaknya akan mengalihkan pilihan ke Pram-Rano. Hal itu mereka lakukan agar RK-Suswono kalah,” ujarnya.

Baca Juga: Relawan Abah Anies Dukung Pramono-Rano di Pilkada Jakarta

2. Faktor pendukung Ahok yang dinilai akan dukung Pramono-Rano

Pramono-Rano nongkrong bareng Ahok di Simpang Susun Semanggi. (IDN Times/Aryodamar)

Faktor ketiga menurutnya adalah pendukung Ahok. Ia menilai pendukung Ahok akan mendukung Pramono-Rano.

“Mereka tampaknya akan memberikan suaranya lebih utuh ke Pram-Rano. Bahkan pendukung Ahok tampaknya yang membuat elektabilitas Pram-Rano melejit. Sebab, pendukung Ahok juga membantu mengampanyekan Pram-Rano sehingga elektabilitasnya meningkat signifikan,” ujarnya.

Baca Juga: Pramono-Rano Karno Nongkrong Bareng Ahok di Simpang Susun Semanggi

3. Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono tertinggi

Calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil - Suswono saat mendaftar ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024). (youtube.com/KPU PROVINSI DKI JAKARTA)

Seperti diketahui, Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait Pilkada Jakarta. Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono mencapai 47,5 persen, Pramono Anung-Rano Karno 31,5 persen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana 5,1 persen.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya