TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jemaah Haji Mulai ke Arafah Hari Ini, Ada 3 Kali Pemberangkatan

Mereka akan menjalani puncak haji

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat mengecek kesiapan fasilitas di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, Selasa (11/6/2024). Dok. Kementerian Agama

Intinya Sih...

  • Jemaah haji akan menjalani puncak ibadah haji dengan wukuf dan lempar jumrah di Arafah, Muazdalifah, dan Mina. Jemaah haji Indonesia akan dibagi per kelompok menuju Arafah pada tiga trip berbeda mulai pukul 06.00 hingga 16.30 waktu Arab Saudi. Petugas PPIH telah menyiapkan tenda, konsumsi makanan instan, karena itu jemaah diminta tidak membawa bahan makanan atau koper besar.

Makkah, IDN Times - Keberangkatan jemaah haji menuju Arafah, Muazdalifah, dan Mina, akan dimulai hari ini, Jumat (14/6/2024). Mereka akan melakukan wukuf dan lempar jumrah sebagai bagian dari puncak ibadah haji.

Semua jemaah haji akan menuju ke tiga lokasi tersebut selama beberapa hari. Untuk jemaah haji Indonesia sendiri akan dibagi per kelompok. Semua jemaah diharapkan sudah tiba di Arafah pada pukul 21.00 waktu Arab Saudi. 

1. Akan ada tiga trip pemberangkatan untuk gelombang pertama

Bus Shalawat di Terminal Syib Amir, Masjidil Haram. (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Kepala Daerah Kerja Makkah, Khalilurrahman, mengatakan para jemaah haji akan mulai bergeser dari penginapan masing-masing menuju Arafah menggunakan bus. Para jemaah dibagi menjadi tiga trip.

"Pertama pukul 06.00, kedua pukul 11, dan terakhir pukul 16.30," ujar Khalil, Kamis, (13/6/2024). 

Semua jemaah diharapkan sudah tiba di Arafah pada pukul 21.00. 

Baca Juga: Arafah Lambang Padang Mahsyar, Ini Makna, Kegiatan dan Doa Saat Wukuf

2. Makanan sudah disiapkan pihak Masyariq

Proses memasak makanan untuk jemaah haji Indonesia di dapur katering al-Hala Hijaz, Makkah, Rabu (22/5/2024). Dokumentasi Media Center Haji.

Untuk memastikan kenyamanan para jemaah, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah mengecek tenda-tenda di Mina.

"Kasur, air dan lain-lain sudah kami siapkan," kata Khalil.

Soal konsumsi, jemaah haji juga tak perlu khawatir. Sejak 7 Dzulhijah atau Kamis (13/6/2024), PPIH sudah berkoordinasi dengan Masyariq atau pihak ketiga. Mereka yang akan menyiapkan makanan instan untuk jemaah. 

Baca Juga: Hanya Sebentar di Arafah, 482 Jemaah Akan Jalani Safari Wukuf

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya