TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jemaah Haji Diminta Tak Keluar Makkah, Masuk Lagi Susah

Check point di perbatasan Makkah sangat ketat

Kepala Daker Makkah, Khalilurrahman, saat berbincang bersama media, Jumat (24/5/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Intinya Sih...

  • Kepala Daerah Kerja Makkah meminta jemaah haji agar tidak keluar kota, untuk menghindari pemeriksaan berlapis saat hendak kembali masuk. Sebab, pemeriksaan di check point pintu masuk semakin ketat. Kepala Daerah Kerja Makkah juga meminta jemaah haji fokus beribadah di Makkah dan menjaga stamina jelang puncak haji 11 hari lagi, karena cuaca juga sedang ekstrem.

Makkah, IDN Times - Kepala Daerah Kerja Makkah, Khalilurrahan, meminta jemaah haji yang sudah berada di Makkah, agar tidak keluar kota. Jika keluar kota, mereka akan menghadapi check point berlapis saat hendak kembali masuk.

Khalilurrahan menyebut pemeriksaan berlapis ini dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya jemaah yang tidak menggunakan visa haji.

Baca Juga: Kemenag Siap Sanksi Travel Penyedia Visa Selain Visa Resmi Haji

1. Sudah 75 persen jemaah haji tiba di Makkah, pemeriksaan makin ketat

Jemaah haji di depan Ka'bah, Jumat dini hari (31/5/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Menurut Khalilurrahan, kondisi Makkah semakin padat jelang puncak haji. Sebanyak 75 persen jemaah haji sudah tiba di sana. Pemeriksaan di check point pintu masuk pun kian ketat.

"Oleh karena itu, untuk keselamatan dan kenyamanan, jemaah haji kami imbau agar tidak melakukan perjalanan di luar kota perhajian," ujar dia, Selasa (4/6/2024).

Ketimbang berwisata atau berziarah ke luar kota, menurut Khalilurrahan, jemaah sebaiknya fokus beribadah di Makkah.

2. Ada rombongan jemaah haji keluar kota, mau masuk susah

Kepala Daker Makkah, PPIH Khalilurrahman (Dok. MCH Kemenag RI)

Tiga hari lalu, Khalilurrahan mengaku mendapat laporan tentang beberapa rombongan jemaah haji yang melakukan ziarah ke luar Makkah. Saat masuk, mereka tertahan di check point.

"Kami lalu bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, untuk mengomunikasi untuk membantu jemaah agar bisa masuk kembali ke Kota Makkah," ujarnya.

Jangankan ke luar kota, kata Khalilurrahan, di dalam kota saja pemeriksaan yang dilakukan kepolisian Saudi cukup ketat. Ia pun mengimbau jemaah haji untuk membawa dokumen seperti paspor dan visa saat keluar hotel. 

Baca Juga: Jelang Puncak Haji, Jemaah Diimbau Bersiap dan Jaga Kesehatan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya